Bahas Hoax, Facebook Bakal Sowan ke Pemerintah Indonesia

Jakarta – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara, mengatakan pekan depan perwakilan Facebook global akan datang ke Indonesia. Kedatangan mereka untuk berkoordinasi mengatasi peredaran berita palsu atau hoax yang menggurita di media sosial.

“Nanti minggu depan datang (perwakilan Facebook ke Indonesia), kata Rudiantara di JW Marriott, Kawasan Mega Kuningan, Jakarta, Jumat, (10/2/2017).

Sebelumnya perwakilan Facebook tersebut akan datang ke Indonesia pada akhir Januari kemarin. Namun, karena suami dari perwakilan Facebook itu meninggal, sehingga diundur dan dilakukan melalui sesi video conference pada 6 Februari 2017.

Namun pada sesi video conference antara Facebook dan pemerintah itu diwakili oleh Dirjen Aptika Semuel Abrijani Pangerapan. Dikarenakan di waktu yang bersamaan Menkominfo harus bertugas ke Ambon mengikuti perayaan Hari Pers Nasional.

“Jadi yang video conference itu cuma Pak Semuel. Minggu depan Facebook datang ke Jakarta untuk bertemu. Saya lupa tanggalnya, antara sebelum Pilkada atau sesudah Pilkada,” sebutnya.

Dari hasil koordinasi melalui video conference kemarin, Pemerintah Indonesia mengingatkan kembali kepada Facebook untuk memberi perhatian dalam segi memberantas peredaran hoax di platform mereka.

“Indonesia itu salah satu pasar terbesar mereka (Facebook), jadi mereka harus beri perhatian, itu kesatu. Kedua, Prancis saja yang pasarnya lebih kecil dari Indonesia mereka bekerjasama untuk address hoax selama pemilihan presiden di Prancis, masa kita tidak,” tegasnya. (asj/asj)

About The Author

Profile photo of Detik

Detik.com adalah portal berita online terbesar di indonesia yang menyediakan beragam macam berita dari politik, IT sampai kesehatan.

Related posts

Click on a tab to select how you'd like to leave your comment

Leave a Reply

Skip to toolbar