Baru Dirilis, "Final Fantasxy XV" Ukir Rekor

KOMPAS.comFinal Fantasxy (FF) XV baru saja dirilis oleh Square Enix dalam hitungan hari. Meski begitu, game teranyar itu sudah mencetak rekor tersendiri, mengalahkan seri Final Fantasy sebelumnya.

Square Enix selaku pengembang game, telah menobatkan peluncuran FF XV pada 29 November lalu sebagai yang tersukses sepanjang sejarah franchise Final Fantasy. Total jumlah game yang terjual, baik itu kepingan blu-ray di toko retail atau unduhan digital dari toko virtual, diklaim telah mencapai angka 5 juta.

Jumlah tersebut diungkapkan langsung oleh Square Enix melalui akun resmi perusahaan di Twitter.

Kata “day one shipment” dalam pernyataan di atas sendiri dapat diartikan pengiriman atau penjualan ke toko retail, tidak ke konsumen. Namun, apabila dikombinasikan dengan angka unduhan, angka 5 juta yang disebutkan tetap saja sangat besar.

Lantas, apa yang membuat FF XV begitu sukses di pasaran? Sala satunya berasal dari tingginya hype game itu sendiri.

FF XV sendiri memang sudah diperkenalkan 10 tahun lalu. Pada tahun 2006 lalu, Squre memperkenalkan FF XIII Versus, yang akhirnya dirilis sebagai FF XV. Lamanya waktu penantian itu yang membuat hype dari game begitu tinggi.

Selain itu, sebagaimana KompasTekno rangkum dari Polygon, Minggu (4/12/2016), waktu perilisannya yang langsung secara global membuatnya langsung terjual dengan jumlah yang tinggi. Sebelumnya, waktu perilisan di setiap wilayah memang sedikit berbeda, dengan Jepang terlebih dahulu kemudian diikuti negara-negara lain.

Promosi yang besar-besaran juga digelar oleh Square Enix. Sebelum game ini dirilis, perusahaan asal Jepang itu sudah menghadirkan film animasi baik di bioskop dan YouTube.

FF XV saat ini sudah tersedia di konsol PS4 dan XBox One.

About The Author

Profile photo of kompas

Kompas.com adalah portal berita yang memiliki media online maupun offline tertua dan ternama di indonesia. Media offline kompas adalah yang terbesar di Indonesia.

Related posts

Click on a tab to select how you'd like to leave your comment

Leave a Reply

Skip to toolbar