Begini Cara Aktifkan 4G LTE di Xiaomi Redmi Note 3 Resmi

KOMPAS.com – Saat ini smartphone Xiaomi Redmi Note 3 memang dirilis resmi dalam kondisi 4G terkunci. Itu artinya, pengguna tidak bisa menggunakan jaringan tersebut.

Namun pengguna tak perlu khawatir, sebab ternyata ada cara khusus yang bisa dilakukan untuk membuka koneksi 4G tersebut.

Pengguna yang ingin memakai koneksi 4G di Redmi Note 3 bisa memanfaatkan menu rahasia Android. Cara ini tetap bisa dipakai meski ponsel sudah diperbarui ke MIUI versi 8.

Selengkapnya, pada Sabtu (3/12/2016), berikut ini KompasTekno rangkum cara menyalakan koneksi 4G tersebut:

1. Pastikan memakai kartu SIM 4G

Sebelum memulai cara ini, pastikan kartu SIM yang dipakai sudah mendukung jaringan 4G LTE. Bila belum memilikinya, tukarkan kartu tersebut di gerai penyedia layanan yang Anda gunakan. Kemudian pasanglah kartu SIM ini di slot pertama.

2. Nyalakan Airplane Mode

Bila sudah menggunakan kartu SIM 4G, Anda bisa mulai mengikuti cara ini. Pertama, nyalakan Airplane Mode untuk mematikan koneksi ke jaringan dan bukalah slot kartu SIM.

Tujuan membuka slot ini supaya kartu yang ada di dalam tidak terdeteksi oleh sistem, jadi Anda cukup melonggarkannya saja.

3. Masuk ke menu rahasia

Berikutnya, buka menu panggilan telepon dan ketik *#*#4636#*#*. Ini merupakan cara pintas untuk masuk ke salah satu menu rahasia milik ponsel bersistem operasi Android.

screenshot Menu rahasia Android bisa dimanfaatkan untuk membuka koneksi 4G di Xiaomi Redmi Note 3

Isinya adalah pengaturan koneksi jaringan milik ponsel Anda. Begitu menu ini terbuka, segera pilih Phone Information 1 dan geser ke bagian paling bawah.

Cari tulisan “Set preferred network type”. Kemudian klik tulisan tersebut agar muncul berbagai daftar jaringan yang didukung oleh Redmi Note 3. Biasanya akan muncul berbagai jenis koneksi, mulai dari 2G, CDMA, 3G, hingga 4G.

Untuk diketahui, menu pilihan jaringan itu tidak akan bisa diubah jika Anda memakai Redmi Note 3 dalam keadaan kartu SIM terpasang. Karena alasan itulah Anda mesti melepasnya dulu.

4. Aktifkan CDMA Only

Dari sekian banyak variasi jenis koneksi jaringan di menu rahasia tersebut, carilah tulisan “CDMA Only”. Pilih opsi ini dan keluarlah dari menu rahasia tersebut.

Setelah keluar, segera masukkan kartu SIM ke dalam slot yang semestinya. Anda akan melihat bahwa ponsel sementara waktu bekerja mencari jaringan yang sesuai.

5. Segera buka Menu Pengaturan Android

screenshot Setelah diubah menjadi CDMA Only, maka menu pengaturan di Xiaomi Redmi Note 3 akan menunjukkan pilihan 4G (CDMA)

Tepat setelah menutup menu rahasia dan memasukkan kembali kartu SIM, Anda harus segera masuk ke menu pengaturan (Setting), buka pilihan SIM Card & Mobile Network, dan pilih nomor yang dipasang di slot 1.

Berikutnya, cari tulisan “Preferred network type”. Di dalam menu tersebut kini sudah ada pilihan Global, Preferred 4G (CDMA), serta Preferred 3G (CDMA). Pilihlah opsi Preferred 4G (CDMA).

Keluarlah dari menu dan perhatikan ikon yang menampilkan bar sinyal ponsel. Anda akan melihat bentuknya sudah berubah, menjadi dua bar dalam posisi bertumpuk, layaknya pada ponsel CDMA.

Yoga Hastyadi Widiartanto/Kompas.com Menyalakan 4G di Xiaomi Redmi Note 3

Pada bar bagian bawah kosong, sedangkan bar di atas akan muncul tulisan 4G. Ini menandakan ponsel Xiaomi Redmi Note 3 tersebut sudah bisa terhubung ke jaringan internet cepat tersebut.

6. Tidak bisa telepon

Namun ada satu kekurangan bila Anda menyalakan 4G menggunakan metode menu rahasia ini. Karena dukungan jaringan diubah menjadi CDMA, maka nomor berbasis GSM tidak akan bisa dipakai untuk melakukan panggilan keluar, menerima panggilan, atau mengirimkan pesan singkat (SMS).

Ada baiknya Anda menggunakan dua nomor jika ingin memakai metode ini. Dengan memakai dua nomor, Anda bisa membaginya, yakni slot pertama untuk koneksi internet 4G saja, sedangkan slot kedua untuk menampung nomor utama yang dipakai menelepon dan kegiatan lain.

Selamat mencoba!

About The Author

Profile photo of kompas

Kompas.com adalah portal berita yang memiliki media online maupun offline tertua dan ternama di indonesia. Media offline kompas adalah yang terbesar di Indonesia.

Related posts

Click on a tab to select how you'd like to leave your comment

Leave a Reply

Skip to toolbar