Berita Bisa Jadi Ide Karya Kreatif

Jakarta – Ide untuk membuat karya kreatif bisa datang dari mana saja. Bahkan bisa dapat dari membaca berita sekalipun.

Demikian diungkap sutradara Joko Anwar ketika berbicara di acara Creativepreneur Corner 2018 yang berlangsung di Yogyakarta.

Dia mengatakan, setiap pagi kita harus memasukkan ide ke dalam kepala. Salah satu cara yang biasa Joko lakukan adalah dengan banyak membaca berita online.

“Di ponsel saya banyak sekali aplikasi news aggregator,” kata sutradara film Pengabdi Setan itu.

Menurutnya, dengan membaca berita, otak kita akan mengambil sikap terhadap berita itu, entah setuju atau tidak. Dengan demikian, kita dilatih membuka pikiran yang nantinya akan membuka kreativitas.

“Memang tidak langsung, ketika membaca berita membantu gue memahami karakter manusia, misalnya kejadian pembunuhan, kenapa dia bisa melakukannya. Sehingga bisa memahami karakter dan peristiwa untuk kemudian dijadikan ide cerita,” papar Joko.

Dalam kesempatan ini, Joko juga sempat ditanyai peran ponsel dalam kehidupan sehari-harinya. Sudah bisa ditebak, Joko seperti kebanyakan manusia era gadget yang tak bisa lepas dari ponsel.

“Gue lebih pilih ketinggalan dompet ketimbang ponsel. Karena sekarang apa-apa lewat ponsel. Nggak bawa dompet masih bisa naik gojek atau bayar pakai ponsel,” kata Joko.

“Ketika muncul ide, saya biasanya langsung menuliskannya di ponsel. Jadi nggak lupa,” pungkasnya. (rns/rns)

About The Author

Related posts

Click on a tab to select how you'd like to leave your comment

Leave a Reply