Bisnis PC Memang Terus Menurun, Tapi..

Bisnis PC Memang Terus Menurun, Tapi..Foto: detikINET/Anggoro Suryo Jati
Jakarta – Pengapalan produk PC selama Q3 2016 ini menurun sebanyak 5,7%, menjadi 68,9 juta unit. Artinya selama delapan kuartal ke belakang, pengapalan PC terus mengalami penurunan. Namun tak begitu halnya dengan perangkat semacam Chromebook.

Berdasarkan data dari perusahaan analis Gartner, ini adalah penurunan dengan durasi paling lama dalam industri PC. Bahkan penjualan pada masa ‘back to school’ dan permintaan di pasar negara berkembang pun tak membantu peningkatan penjualan PC.

Namun hal tersebut tak terjadi pada notebook murah semacam Chromebook. Menurut analis Gartner bernama Mikako Kitagawa, notebook murah pun menjadi lebih menarik sebagai opsi pengganti PC yang sudah jadul.

“Meski data pengapalan PC tak termasuk Chromebook, pertumbuhan pengapalan Chromebook terlihat sudah melewati pertumbuhan pengapalan PC,” ujarnya.

Menurutnya, banyak dari konsumen merasa sama sekali tak perlu memperbarui PC-nya. Hal ini tentu karena kehadiran smartphone, yang siklus pembaruannya jauh lebih agresif dibanding PC.

“PC bukan lagi perangkat dengan prioritas tinggi bagi mayoritas konsumen, jadi mereka tak merasa perlu untuk memperbarui PC-nya sesering dulu,” tutup Kitagawa, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Kamis (13/10/2016).
(asj/rou)

About The Author

Profile photo of Detik

Detik.com adalah portal berita online terbesar di indonesia yang menyediakan beragam macam berita dari politik, IT sampai kesehatan.

Related posts

Click on a tab to select how you'd like to leave your comment

Leave a Reply

Skip to toolbar