Bos Apple Angkat Bicara Soal Hoax

Jakarta – CEO Apple Tim Cook angkat bicara soal hoax dalam kunjungannya ke Inggris baru-baru ini. Menurutnya, tak ada solusi sederhana untuk memerangi hoax.

Pernyataan Cook tersebut diungkapkan saat ia diwawancara oleh sebuah media massa Inggris, yaitu ITV, tepatnya untuk acara Good Morning Britain, seperti dikutip detikINET dari The Verge, Minggu (12/2/2017).

Menurut Cook, seharusnya ada alat yang bisa dipakai oleh konsumen untuk membantu memerangi hoax, dan pihak yang berkepentingan harus bisa menyaring kabar-kabar hoax tersebut sebelum tersebar di dunia maya.

Apple sendiri sebenarnya adalah salah satu pihak yang berkewajiban untuk menyaring kabar-kabar hoax tersebut, pasalnya mereka mempunyai aplikasi bernama Apple News, sebuah news aggregator yang mengumpulkan bermacam berita dari berbagai sumber untuk disajikan ke pengguna aplikasi tersebut.

Tak jelas langkah apa yang diambil Apple untuk menyaring hoax dari Apple News, namun seharusnya itu adalah sebuah langkah yang signifikan. Terutama karena Apple News per November 2016 lalu mempunyai pengguna unik yang mencapai 70 juta.

“Berita palsu adalah salah satu masalah bagi para pemimpin saat ini, dan ini bukanlah sesuatu yang bisa diselesaikan dengan solusi sederhana,” ujar Cook menutup wawancara tersebut. (asj/asj)

About The Author

Profile photo of Detik

Detik.com adalah portal berita online terbesar di indonesia yang menyediakan beragam macam berita dari politik, IT sampai kesehatan.

Related posts

Click on a tab to select how you'd like to leave your comment

Leave a Reply

Skip to toolbar