Bukan iPhone atau Mac, Ini Produk yang Bakal Diproduksi Apple di AS

Data Center

Apple dikabarkan berencana meluaskan unit bisnis teknologi komputernya dengan membuat produk server dan data center bukan buat konsumen individu melainkan buat para pelanggan korporasi yang ada di Amerika Serikat.

Tidak seperti produk-produk lainnya, komputer Mac atau perangkat iOS, Apple tidak bakal memanufaktur produk server dan data center di Tiongkok. Namun perusahaan yang bermarkas besar di Cupertino tersebut bakal membikinnya di AS.

Dilansir Business Insider, Apple bakal memproduksi produk-produk untuk kebutuhan korporasi besar tersebut di fasilitas yang ada di Mesa, Arizona, sebagaimana tercantum dalam dokumen yang sudah lama diajukan Apple melalui dewan kota kepada pemerintah AS.

“Apple Inc has repurposed the site as a global data command center that will conduct high-tech manufacturing of finished data center cabinets for other data centers,” according to a document filed by Mesa, Arizona on behalf of Apple in June 2016 and made public on Monday.

Fasilitas di Mesa dalam laporan itu juga disebutkan bakal memasok server untuk sejumlah data center milik Apple yang tersebar di wilayah AS, seperti Oregon dan Carolina Utara.



Fasilitas data center di Messa sebelumnya merupakan fasilitas milik GT Advance Technologies (GTAT),manufaktur layar safir yang mengalami kebangkrutan di tahun 2014. Apple membelinya dengan harga $2 miliar untuk menyokong pencadangan iCloud dan file iTunes.

Apple sendiri mendapatkan desakan dari Presiden terpilih AS Donald Trump untuk mengalihkan produksinya dari Tiongkok ke AS. Namun kemungkinan tersebut sulit dilakukan mereka karena sangat tidak efisiennya lantaran banyak supplier Apple berada di Tiongkok.

Mungkin memproduksi server dan data center untuk pelanggan korporasi adalah awal bagi Apple untuk memulai memproduksi–setidaknya sebagian produk-produknya–di AS meskipun ongkos produksinya lebih mahal dibanding di Tiongkok.






About The Author

Related posts

Click on a tab to select how you'd like to leave your comment

Leave a Reply

Skip to toolbar