Cara Akses Netflix di Jaringan Telkomsel dan IndiHome




Netflix adalah layanan berlangganan untuk nonton film dan serial film yang sangat populer di dunia. Bahkan menurut sebuah laporan, lalu lintas internet di dunia yang mengakses Netflix mencapai 15%.

Layanan ini sudah resmi hadir di Indonesia sejak Januari 2016. Namun ada beberapa penyedia layanan internet yang belum membuka akses ke Netflix. Beberapa diantaranya adalah Telkomsel dan IndiHome.

Dalam artikel ini tim MakeMac akan berbagi cara mengakses Netflix di Indonesia, terutama jika kamu menggunakan jaringan Telkomsel atau IndiHome di perangkat iPhone atau iPad. Panduan ini akan menggunakan teknologi enkripsi DNS, tepatnya dengan bantuan aplikasi DNSCloak.

Apa Itu Enkripsi DNS?

Dalam setiap akses ke dunia maya, salah satu prosesnya adalah melakukan request DNS dari penyedia layanan yang ingin kamu tuju. Dalam artikel ini, maksudnya adalah menuju ke layanan Netflix. Nantinya permintaan DNS yang kamu berikan akan dijawab oleh pihak penyedia koneksi internet baru kemudian lama atau layanan tersebut bisa kamu nikmati.

Namun jika permintaan kamu lakukan masuk dalam daftar DNS yang diblokir oleh penyedia layanan, tampilan akan diubah ke halaman pemberitahuan blokir oleh layanan. Untuk mencegah hal tersebut, kamu bisa menggunakan layanan enkripsi DNS. Tujuannya adalah merahasiakan permintaan DNS yang kamu lakukan agar tidak dapat dicek oleh penyedia layanan internet.

Cara Akses Netflix di Jaringan Telkomsel dan IndiHome

  1. Instal Netflix dan DNSCloak di perangkat iOS.
  2. Masuk ke aplikasi DNSCloak, cari DNS yang ingin kamu gunakan. Saya pribadi memilih DNS milik Google atau bisa juga DNS milik Cloudflare.
  3. Ikuti panduan untuk instal Profile di aplikasi Settings.
  4. Setelah itu aktifkan DNSCloak dengan menekan ikon di bagian kiri atas layar.
  5. Jika diperlukan, akses bagian pengaturan di DNSCloak untuk mengaktifkan mode Connect On Demand dan matikan Show VPN Icon agar tampilan Status Bar lebih rapi.


Selesai, silakan coba akses aplikasi Netflix atau website Netflix.com di peramban Safari untuk perangkat iOS. Dengan cara di atas, kamu juga bisa akses beragam website yang diblokir dengan filtersiasi DNS oleh penyedia layanan internet. Seperti Reddit, Vimeo atau lainnya.

Sebagai catatan, kelebihan utama dari penggunaan layanan enkripsi DNS adalah tidak mengubah IP Address yang kamu gunakan. Berbeda dengan mode VPN, mode enkripsi DNS tidak memiliki proses Tunneling dan akses ke server privat milik penyedia layanan, yang kita tidak tahu bagaimana keamanan data kamu di dalam sana. Kamu jika tidak akan menemukan pembatasan penggunaan layanan enkripsi DNS, berbeda dengan VPN yang biasanya dijual dengan kuota bandwith bulanan.

Selamat mencoba dan jangan lupa bagikan pengalaman kamu akses Netflix di iOS dengan Telkomsel atau IndiHome kepada Apple Fanboy lainnya ya!

Download DNSCloak • DNSCrypt DoH client · Harga: Gratis

Download Netflix · Harga: Gratis

Thanks, Aditya Daniel!




Sumber : Makemac.com

About The Author

Related posts

Click on a tab to select how you'd like to leave your comment

Leave a Reply