Cara Membuat Apple ID US Gratis, Tanpa Kartu Kredit & VPN

Apple ID atau akun untuk mengakses toko online milik Apple seperti App Store, iBooks Store dan iTunes Store ini pastinya sudah akrab di telinga para Apple Fanboy. Sudah bukan rahasia juga, jika konten di App Store regional setiap negara bisa saja berbeda.

Sebut saja regional New Zealand yang sering digunakan oleh para pengembang aplikasi untuk merilis aplikasinya secara soft launching. Atau Apple ID regional US (Amerika Serikat) yang terkenal lengkap dengan beragam aplikasi dan layanan terbaru dari Apple.

Nah kali ini tim MakeMac akan berbagi tutorial cara membuat Apple ID regional US bagi kamu pembaca setia. Apa sih pentingnya punya Apple ID regional US dan bagaimana cara bijak untuk menggunakannya? Yuk simak dulu bahasan tersebut sebelum masuk ke tutorial!

Kenapa Harus Punya Apple ID Regional US?

Sederhana saja, karena kontennya lebih lengkap daripada regional Indonesia. Sebut saja app Apple Store, jika kamu menggunakan regional Indonesia tentunya aplikasi tersebut tidak ada – karena belum ada toko fisik Apple Store disini. Padahal dari aplikasi tersebut Apple sering membagikan sebuah aplikasi berbayar secara gratis – Afterlight misalnya di akhir tahun 2015 lalu.

Contoh lainnya adalah mengakses fitur Audibooks yang ada di iBooks Store. Fitur membeli konten buku dalam format audio ini belum ada di regional Apple ID Indonesia.

Tips Menggunakan Apple ID US

Bagi kamu yang selama ini sudah menggunakan Apple ID regional Indonesia, akun Games Center dan iCloud yang semuanya saling terkait, tenang saja. Kamu tetap dapat membuat akun Apple ID regional US menggunakan email lain yang dapat login ke App Store atau iBook Store tanpa mengganggu beberapa hal tadi.

Kamu tinggal masuk ke App Store, login dengan Apple ID Regional US untuk mencari konten baru yang lebih leluasa. Jika sudah, silahkan logout dan kembali login dengan Apple ID utama kamu – regional Indonesia.

Intinya manfaatkan Apple ID regional US untuk mengunduh konten atau fitur yang tidak ada di Apple ID utama kamu. Tetap pertahankan untuk mengunduh semua aplikasi utama (Facebook, WhatsApp atau aplikasi lain) dan layanan penyimpanan seperti iCloud, Games Center atau akun iMessages dengan Apple ID utama.

Sebagai tambahan dan patut kamu perhitungkan, metode logout App Store sangat berpengaruh pada pengguna yang berlangganan Apple Music. Konten yang sudah kamu simpan untuk diputar saat mode offline akan ikut hilang jika kamu menggunakan metode logout di atas.

Tutorial Membuat Apple ID US

Sebetulnya ada beberapa cara untuk membuat Apple ID Regional US – via perangkat iOS, iTunes di komputer atau peramban website. Saya memilih metode iTunes di komputer karena lebih mudah, cepat dan tidak perlu menggunakan layanan tambahan seperti VPN Server. Berikut ini langkahnya:

  1. Buka iTunes yang ada di komputer Mac atau perangkat PC. Pastikan sudah menggunakan iTunes terbaru ya. Saya menggunakan iTunes 12.3.2.35 untuk tutorial ini.
  2. Logout Apple ID kamu dengan menekan kolom nama di kanan atas lalu pilih Sign Out.
  3. Masuk ke bagian App Store di barisan atas – teks paling kanan.
  4. Scroll hingga bagian paling bawah kanan kamu akan menemukan ikon bulat bergambar bendera kemudia tekan.
  5. Tampilan akan berubah menjadi seperti gambar berikut ini, pilih United States.

Membuat Apple ID Tanpa Memasukkan Sistem Pembayaran Kartu Kredit

  1. Pilih salah satu aplikasi gratis yang ada di halaman tersebut, tandanya adalah tidak ada informasi harga di bagian bawah judul. Tekan dan masuk ke halaman utama aplikasi tersebut.
  2. Tekan tombol Get yang berarti kamu ingin mendapatkan aplikasi gratis tersebut. Tampilan berikutnya adalah jendela tambahan untuk meminta kamu login. Nah silahkan tekan Create New Apple ID.
  3. Tekan tombol Continue di tampilan halaman ini. Setelah itu berikan persetujuan untuk halaman Terms and Conditions.
  4. Sekarang kamu masuk ke halaman Provide Apple ID Details. Masukkan data yang dibutuhkan seperti email, password untuk Apple ID baru kamu dan 3 pertanyaan keamanan. Harap dicatat, jangan mengisi dan memberi jawaban untuk bagian pertanyaan keamanan secara sembarangan – kamu pasti akan membutuhkan bagian ini suatu saat. Jika perlu catat baik-baik pertanyaan dan jawaban ini dalam aplikasi seperti 1Password atau semacamnya. Kamu juga harus mengisi tanggal lahir dengan benar ya, karena data ini juga dibutuhkan untuk verifikasi Apple ID jika butuh fitur Reset Password atau lainnya. Setelah selesa, silahkan tekan Continue di kanan bawah layar.
  5. Masuk ke halaman Provide a Payment Method. Kamu harus memilih label None di bagian Payment Type – untuk menghindari kewajiban mengisi data kartu kredit yang berlaku di US sebagai sistem pembayaran.
  6. Selanjutnya pada bagian Billing Address silahkan isi dengan alamat yang ada di Amerika Serikat. Saya menyarankan kamu untuk menggunakan alamat dari negara bagian Texas – terutama jika ingin membeli iTunes Gift Card US di lain waktu. Kenapa? Karena negara bagian tersebut tidak memberikan pajak tambahan dari setiap pembelian aplikasi berbayar di App Store.
  7. Untuk pengisian alamat, saya sarankan kamu untuk menggunakan layanan Random Address Generator atau website sejenisnya.
  8. Selesai! Sisanya kamu tinggal membuka email yang kamu daftaran dengan Apple ID ini untuk melakukan proses verifikasi.

Langsung Coba Gunakan Apple ID Regional US Kamu!

Sekarang masuk ke App Store di iTunes dan pilih Sign In di kanan atas. Masukkan Apple ID dan password yang tadi sudah kamu atur dan login. Untuk mengecek apakah yang kamu buat tadi adalah Apple ID regional US, scroll ke bagian bawah dan cek ikon bulat bendera yang tampil.

Untuk memastikannya lagi, silahkan cari app Apple Store dan coba langsung unduh. Apakah berhasil? Jika iya, selamat ya kamu sudah punya sebuah Apple ID regional US!

Beli iTunes Gift Card US di @idgiftcard

Karena menggunakan Apple ID regional US, tentunya kamu tidak bisa mendaftarkan kartu kredit Indonesia di akun tersebut. Lantas bagaimana jika ingin membeli konten aplikasi atau buku berbayar? Tenang, kamu dapat menggunakan iTunes Gift Card (IGC) yang berbentuk kode dengan saldo yang akan masuk ke akun kamu. Nilainya mulai dari $10, $15, $25, $50 dan seterusnya.

Tim MakeMac merekomendasikan kamu untuk membeli IGC di akun Twitter @idgiftcard atau via website mereka idgiftcard.net. Selain menyediakan IGC untuk Apple ID Regional US, kamu juga bisa membeli IGC untuk Apple ID Regional Indonesia, jasa pembelian aplikasi, konten musik secara satuan dalam bentuk promo code atau hal lainnya – tentunya secara legal dan aman.

Bagaimana, gak sabar untuk segera mengisi Apple ID regional US kamu dengan saldo lewat IGC? Buruan kontak @idgiftcard ya!

Thanks to @idgiftcard for sponsoring this article


About The Author

Related posts

Click on a tab to select how you'd like to leave your comment

Leave a Reply

Skip to toolbar