Cara Memperkuat Sinyal "Smartphone"

KOMPAS.com – Adakalanya saat sedang menelepon rekan atau berinternet, tiba-tiba koneksi putus. Setelah dicek, ternyata sinyal operator yang digunakan melemah.

Selain melihat jumlah bar sinyal di ponsel, ada cara lain untuk mengecek kekuatan sinyal tersebut.

Bila menggunakan Android, cukup masuk ke dalam Setting, About, lalu klik Network. Selanjutnya kekuatan sinyal akan ditunjukkan dalam satuan decibel miliwatts (dBm).

Bila menggunakan iPhone, berdasarkan pengalaman KompasTekno, cobalah untuk menekan *3001#12345#* (berlaku juga di iOS 10) pada dial pad di menu Phone. Anda akan dibawa masuk ke menu Field Test dan bar sinyal akan berubah menjadi satuan dBm.

Sinyal pada -100 dBm menandakan Anda mendapatkan sinyal kualitas terburuk. Sedangkan angka -70 dBm menandakan kualitas sinyal ponsel sudah baik.

Nah, setelah punya akses untuk mengecek kekuatan sinyal, cobalah beberapa langkah berikut ini untuk mendapatkan sinyal terbaik yang bisa Anda dapatkan.

Baca: 7 Cara Nge-charge Baterai iPhone Lebih Cepat

1. Buat peta sinyal

Seandainya Anda sedang berada di dalam rumah, buatlah sebuah denah rumah dalam bentuk sederhana. Nyalakan mode field test atau masuk ke Setting untuk melihat indikator kekuatan sinyal.

Selanjutnya berjalanlah dari satu titik ke titik di dalam rumah untuk mengetahui berapa kekuatan sinyal yang didapatkan di sana. Tandai setiap titik di peta.

Dengan cara demikian, mudah menemukan titik mana saja yang memiliki sinyal kuat. Setiap kali akan menelepon, lakukanlah di titik tersebut sehingga suaranya jernih.

Ingat, -100 dBm menandakan kualitas sinyal yang buruk. Sementara -70 dBm merupakan kualitas sinyal terbaik.

2. Airplane mode

Pasang Airplane Mode selama tiga detik, lalu matikan kembali mode tersebut. Cara ini akan me-refresh koneksi ke jaringan operator seluler yang Anda gunakan.

Selain itu bisa saja ponsel Anda akan terhubung ke pemancar sinyal yang lokasinya paling dekat dengan lokasi menelepon. Dengan demikian, sinyal yang dipancarkan dan diterima ponsel akan lebih kuat, suara saat menelepon pun lebih jernih.

3. Buka jendela

Bila berada di dalam rumah dan merasa suara putus-putus saat menelepon, bukalah jendela dan berdirilah di dekatnya.

Nah, seandainya suara putus-putus itu terjadi ketika menelepon dari dalam mobil. Lakukan hal yang sama, bukalah jendela terdekat.

Dengan cara ini, sinyal yang dipancarkan dari luar bisa ditangkap oleh ponsel tanpa harus menembus penghalang. Apalagi bahan logam dalam body mobil termasuk bahan yang sulit ditembus sinyal seluler.

Baca: Begini Cara Pakai Video Call di WhatsApp

4. Sudah cek baterai?

Kalau SMS atau pesan lain yang dikirimkan ternyata delay, cobalah cek baterai ponsel. Smartphone biasanya akan menerapkan mode penghematan daya saat baterai tinggal sedikit.

Mode ini bisa saja memutus sementara koneksi ke jaringan. Alasannya, untuk memindah koneksi dari satu pemancar ke pemancar lain memang memakan banyak daya.

Nah, kalau ternyata masalah sinyal pada ponsel disebabkan hal ini, cukup charge saja dan semuanya akan selesai.

5. Dekati pemancar sinyal

Yoga Hastyadi Widiartanto/Nextren.com Open Signal bisa menunjukkan koordinat lokasi tower pemancar sinyal di sekelilingmu

Pertama, Anda harus men-download dan memasang aplikasi Open Signal di ponsel Android. Versi iOS kini juga sudah tersedia

Aplikasi ini bisa dipakai untuk mengecek ada berapa menara pemancar sinyal di sekelillingmu.

Bila panggilan suara terputus-putus, cobalah cari pemancar terdekat dan berjalanlah mendekat ke arahnya.

Dengan demikian Anda bisa mendapat sinyal yang lebih kuat, dan otomatis koneksi ponsel mengarah ke satu pemancar itu.

About The Author

Profile photo of kompas

Kompas.com adalah portal berita yang memiliki media online maupun offline tertua dan ternama di indonesia. Media offline kompas adalah yang terbesar di Indonesia.

Related posts

Click on a tab to select how you'd like to leave your comment

Leave a Reply

Skip to toolbar