Cara Menggunakan Universal Clipboard di macOS Sierra

Apple mengenalkan macOS Sierra dengan sebuah fitur baru bernama Universal Clipboard. Yaitu cara untuk menyalin (copy) dan tempel (paste) teks, dokumen gambar atau video dari sebuah komputer Mac ke lannya atau ke perangkat iOS 10. Bagaimana cara menggunakan fitur ini? Berikut ini beberapa penjelasan lengkapnya:

Pengaturan Universal Clipboard

Fitur Universal Clipboard bekerja untuk teks, gambar atau video saja. Jadi jangan gunakan fitur ini untuk menyalin sebuah folder atau dokumen .DMG misalnya. Beberapa pengaturan yang harus kamu lakukan adalah:

  1. Masuk ke akun iCloud yang sama pada 2 perangkat yang akan digunakan.
  2. Pastikan Bluetooth dalam kondisi ON.
  3. Pastikan Wi-Fi dalam kondisi ON dan terhubung pada sebuah jaringan yang sama.
  4. Jarak kedua perangkat ada dalam jangkauan cukup dekat, dalam satu ruangan kamar misalnya.
  5. Copy teks, gambar atau video kamu dari perangkat A.
  6. Tekan Paste di perangkat B dan dapatkan dokumen teks, gambar atau video yang kamu salin pada langkah kelima.

Daftar Perangkat yang Mendukung Universal Clipboard

Selain harus menggunakan macOS Sierra atau iOS 10 dan beberapa syarat di atas, ternyata Universal Clipboard hanya dapat digunakan pada beberapa jenis perangkat saja. Untuk perangkat iOS, semua yang mendukung iOS 10 masuk dalam daftar dukungna fitur Universal Clipboard.

Sedangkan untuk komputer Mac, hanya produk keluaran tahun 2012 atau lebih baru saja yang dapat menggunakan Universal Clipboard. Prediksi saya sih ini karena teknologi Bluetooth 4.0 yang baru digunakan Apple pada komputer Mac mulai tahun tersebut, baik untuk iMac, MacBook Pro, MacBook Air atau yang lebih baru yaitu Mac Pro 2013 dan MacBook 12 inci.


Beberapa Kendala yang Biasa Terjadi

Dari beberapa pengalaman, fitur Universal Clipboard mungking saja bermasalah atau tidak berjalan sesuai harapan. Jika ini yang terjadi, ada beberapa tips yang harus kamu coba untuk mengembalikan fitur ini dan mendapatkan kemudahan berkirim dokumen antar perangkat.

Pertama adalah logout dari akun iCloud dan masuk lagi, mengecek pengaturan Bluetooth dan Wi-Fi serta memastikan perangkat kamu ada dalam jarak cukup dekat juga bisa dilakukan. Universal Clipboard juga dibuat untuk menghapus secara otomatis dokumen yang ada di clipboard setelah beberapa waktu, jadi jangan takut kamu akan melakukan Paste dari catatan yang sudah terlalu lama dibuat.

Apakah kamu sudah mencoba Universal Clipboard? Dokumen apa nih yang biasa kamu copy dan paste? Bagikan di kolom komentar ya!






About The Author

Related posts

Click on a tab to select how you'd like to leave your comment

Leave a Reply

Skip to toolbar