Cara Mudah Melapangkan Ruang Penyimpanan iPhone

Cara Mudah Melapangkan Ruang Penyimpanan iPhone
Jakarta – Memori penuh! Itulah hal menyebalkan yang kerap dikeluhkan pengguna iPhone dengan storage pas-pasan. Terkadang kondisi tersebut dikarenakan banyaknya cache dan temporary file yang tersimpan di dalam iPhone.

Bila hal tersebut dibiarkan penuh terus menerus imbasnya akan menurunkan performa iPhone Anda. Nah, agar hal tersebut tak terjadi, maka dianjurkan untuk sering melapangkan ruang penyimpanannya.

Ada beberapa cara mudah yang dapat dilakukan, yakni:

1. Force Restart
Cara yang kerap disebut cold reset ini bisa membantu menghapus temporary file dan cache. Untuk menjalankan force restart, tekan dan tahan tombol power dan home beberapa saat hingga logo Apple muncul. Disarankan untuk melakukan force restart seminggu sekali agar aman.

2. Menghapus Cache Lewat Setting
Beberapa aplikasi memberikan kontrol untuk menghapus cache melalui Settings. Hanya saja iOS tidak membedakan antara aplikasi mana yang menyediakan pengontrolan tersebut, kita harus memeriksa satu per satu. Langkah-langkanya sebagai berikut:
-. Masuk ke Setting.
-. Bila menggunakan iOS 9, pilih General -> Storage -> iCloud Usage. Jika iOS 8, pilih General -> Usage -> Manage Storage, kita akan melihat daftar aplikasi yang terinstal dalam iPhone. Daftar tersebut diurutkan berdasarkan seberapa besar aplikasi memakan ruang penyimpanan.
-. Bila ingin menghapus cache, buka salah satu aplikasi. Kemudian tekan Delete atau tekan Edit -> Delete All

3. Menghapus Cache Lewat Aplikasi
Seperti disebutkan sebelumnya, beberapa aplikasi tidak menyediakan pengontrolan cache di Settings. Mereka menyediakan pengaturan tersebut di aplikasinya masing-masing.

Untuk menghapus chache lewat aplikasi umunya bisa dilakukan lewat Setting. Sebagai contoh Tweetbot, kita buka Settings, kemudian tekan salah satu akun. Lalu, tekan Reset Account Cache.

4. Reinstall Aplikasi
Cara satu ini akan melapangan ruang penyimpanan secara signifikan. Tapi sebelum melakukannya pastikan data di dalamnya telah di-backup ke tempat lain terlebih dulu. Adapun langkah-langahnya sebagai berikut:
-. Tekan dan tahan ikon aplikasi pada layar Home. Setelah ikon bergoyang, tekan tombol X yang berada di pojok kiri atas ikon untuk menghapus aplikasi.
-. Buka App Store dan masuk ke bagian Purchased. Kita dapat mengunduh ulang aplikasi yang sebelumnya telah terinstal, baik yang gratis maupun berbayar.

5. Lakukan Reset
Cara ini akan menghapus semua cache dan membuat perangkat kembali cepat. Namun sebelum melakukan reset, lakukan backup melalui iTunes atau iCloud.

Setelahnya, buka Settings -> General -> Reset -> Erase All Content and Settings -> Erese iPhone. Bila proses reset selesai, instal aplikasi yang dibutuhkan dan lakukan sinkronisasi dengan iTunes.

6. Aplikasi
Ada sejumlah aplikasi yang membantu kita mengatur ruang penyimpanan di iPhone. Beberapa yang patut dicoba di antaranya PhoneExpander, PhoneClean, iFunBox, iMazing dan Decipher Phone Cleaner.

7. Nonaktikan Fitur iOS
Dengan menonaktifkan sejumlah fitur di iOS kita dapat melapangkan ruang penyimpanan, beberapa di antaranya
-. Photo Stream, caranya Settings -> Photos & Camera -> My Photo Stream -> Delete.
-. Keep Normal Photo, caranya Settings -> Photos & Camera -> Keep Normal Photo, geser tombol ke kiri.

Selain itu, tak ada salah mempertimbangkan untuk:
-. Menghapus custom dictionbaries.
-. Mematikan high-quality voice pada VoiceOver.
-. Menonaktifkan system languages bila tidak digunakan.
-. Batasi Background App Refresh.
-. Hapus akun email untuk menghilangkan lampiran .
-. Pada pengaturan Messages, pilih opsi untuk tidak menyimpan lampiran foto maupun video.
-. Tak kalah penting menghapus album Recently Delete di aplikasi Photo.


(afr/ash)

About The Author

Profile photo of Detik

Detik.com adalah portal berita online terbesar di indonesia yang menyediakan beragam macam berita dari politik, IT sampai kesehatan.

Related posts

Click on a tab to select how you'd like to leave your comment

Leave a Reply

Skip to toolbar