Cara Mudah Melihat Password WiFi di Komputer Mac

Sering terhubung ke jaringan internet nirkabel, baik di rumah ataupun kantor misalnya? Karena faktor keamanan, saya sering mematikan mode tersambung otomatis sebuah perangkat WiFi dari System Preferences > Netwok > Ask to Join Network. Nah celakanya kadang saya juga tidak ingat password yang harus digunakan untuk login ke jaringan tersebut. Atau kadang karena password ini terlalu panjang dan sulit, saya kerepotan untuk mengeja dan memberika informasi ini pada teman baru di sebelah meja.

Tenang, ada cara mudah kok untuk terhubung lagi dengan mengecek database password WiFi yang sebenarnya tersimpan di komputer Mac kamu. Berikut ini 2 langkah yang bisa kamu pilih – via Terminal atau aplikasi Keychain Access.

Mengecek Password WiFi via Terminal

  1. Buka aplikasi Terminal dari Finder > Applications > Utilites > Terminal. Kamu juga bisa memanfaatkan akses cepat lewat fitur Spotlight yaitu kombinasi tombol cmd + spasi.
  2. Sudah membuka Terminal? Oke, ini perintah akan kita gunakan. Coba kamu baca dulu ya!
    security find-generic-password -ga NAMA_SSID | grep -i password
  3. Untuk bagian NAMA_SSID silahkan kamu isi dari nama jaringan WiFi tersebut ya.
  4. Tekan enter dan kamu akan diminta untuk memasukkan Username dan Password dari Account di komputer Mac. Silahkan tekan Allow untuk langkah terakhir.
  5. Nah kembali ke aplikasi Terminal, sekarang kamu dapat menjumpai password yang dicari dalam barisan teks kedua. Mudah kan!

Cara Lebih Mudah, Lewat Keychain Access

Cara diatas terlalu sulit untuk kamu coba? Tenang, ada mode yang lebih mudah yaitu lewat aplikasi Keychain Access. Bagi kamu yang belum tahu, Keychain Acces adalah pusat penyimpanan semua password atau kunci keamanan yang pernah kamu daftarkan di perangkat OS X atau aplikasi yang mendukung. Seperti login email di perambang, dokumen Certificates dari sebuah aplikasi yang berautorisasi keamanan atau lainnya.

  1. Buka aplikasi ini lewat Finder > Applications > Utilities > Keychain Access. Kamu juga bisa menggunakan cara cepat lewat Spotlight ya!
  2. Ketik nama SSID dari jaringan WiFi yang akan kamu gunakan di kolom pencarian kanan atas. Jangan lupa, pastikan di bagian Category sudah masuk pilihan All Items ya!
  3. Nah setelah ketemu, tekan 2x nama SSID tersebut di bagian kolom Name untuk menampilkan jendela baru.
  4. Tekan tombol checklist Show Password. Silahkan ketik Username dan Password kamu di jendela baru yang tampil. Setelah itu tampilan kamu akan kembali ke halaman sebelumnya, tentunya dengan kolom password yang terlihat teks di dalamnya.
  5. Silahkan salin (copy) password tersebut dan selamat terhubung ke jaringan WiFi atau membagikannya kepada teman yang membutuhkan akses.

Baca Juga:

Sebagai tambahan informasi, selalu amankan Keychain Access dengan menutup ikon gembok di kiri atas. Pastikan juga kamu mengingat password utama di Keychain Acces tersebut ya! Informasi tambahan seputar Keychain Access dan login password dapat kamu baca di laman Apple Support ya!


About The Author

Related posts

Click on a tab to select how you'd like to leave your comment

Leave a Reply