Cara Otomatis Menghapus File di Trash Komputer Mac Setelah 30 Hari

Menghapus dokumen di Trash adalah pekerjaan yang normal untuk dilakukan oleh banyak pengguna komputer Mac. Ya, karena setiap dokumen, foto, video atau file lain yang ada di Trash masih memakan storage di Mac dan dapat dikembalikan lagi. Tahukan kamu jika Apple punya mode hapus dokumen di Trash yang sudah berumur 30 hari?

Fitur ini bisa dibilang mirip app Photos di iOS. Yaitu menghapus foto atau video di folder Recently Deleted setelah rentan waktu yang sama. Bagaimana cara menggunakan fitur ini? Simak tutorial sederhana berikut ini:

Cara Menghapus File di Trash Secara Otomatis

  1. Pastikan kamu sudah menggunakan macOS Sierra 10.12, fitur ini baru tersedia di sistem operasi tersebut.
  2. Masuk ke Finder – Preferences – Advanced.
  3. Ada beberapa pilihan di bagian ini, silahkan beri tanda checklist di “Remove items from the Trash after 30 days”.
  4. Tutup Finder Preferences dengan menekan tombol merah di kiri atas atau gunakan shortcut Command + W.


Jika kamu sudah menggunakan fitur ini, setiap dokumen yang sudah berumur 30 hari dan masih tersimpan di Trash akan otomatis terhapus. Ingat, fitur ini bekerja secara individual yaitu tergantung kapan kamu memasukkan folder ini ke Trash – bukan berupamode Empty Trash secara terjadwal setiap akhir bulan misalnya. Kamu juga tetap dapat melakukan mode hapus Empty Trash seperti biasa jika dibutuhkan ya.

Sebagai catatan, lakukan cara serupa dengan langkah di atas untuk mematikan fitur ini. Namun silahkan uncheck tanda “Remove items from the Trash after 30 days” dari list pengaturan ya.

Saya pribadi biasa melakukan Empty Trash setelah beberapa hari atau di akhir pekan. Ya, ini untuk menghindari masalah salah dokumen yang dihapus dan terlanjur melakukan Empty Trash. Bagaimana dengan kamu, punya pola yang berbeda dalam melakukan Empty Trash? Bagikan di kolom komentar ya!


Gambar






About The Author

Related posts

Click on a tab to select how you'd like to leave your comment

Leave a Reply

Skip to toolbar