China Ingin Perketat Aturan Taksi Online

China Ingin Perketat Aturan Taksi OnlineFoto: (dok Uber)
Jakarta – Pemerintah di kota Shanghai dan Beijing berencana memberlakukan pembatasan ruang gerak sopir taksi online. Pembatasan ini kemungkinan membuat layanan ride sharing di sana seperti Didi Chuxing dan Uber kesulitan merekrut sopir.

Dikutip detikINET dari Reuters, otoritas transportasi di Beijing dan Shanghai menyusun aturan baru yang dalam tahap uji publik. Salah satunya mensyaratkan sopir taksi online untuk memiliki rumah tinggal lokal yang terdaftar yang berpotensi menghalangi warga dari luar kota atau imigran jadi sopir.

Selain itu mobil yang dioperasikan harus pelat lokal dan juga ada pembatasan usia sopir. Menanggapi rencana aturan baru tersebut, Didi Chuxing telah mengutarakan ketidaksetujuannya.

Pembatasan semacam itu menurut mereka berpotensi meningkatkan tarif sampai dua kali lipat di Beijing dan Shanghai. Ini tentu akan memberatkan pengguna taksi online di kota besar tersebut.

Didi Chuxing sendiri praktis adalah pemain ride sharing online terbesar di China. Itu setelah mereka mengakuisisi operasional Uber di Negeri Tirai Bambu tersebut.


(fyk/fyk)

About The Author

Profile photo of Detik

Detik.com adalah portal berita online terbesar di indonesia yang menyediakan beragam macam berita dari politik, IT sampai kesehatan.

Related posts

Click on a tab to select how you'd like to leave your comment

Leave a Reply

Skip to toolbar