China Kembangkan Mobil dengan Kemudi Pikiran – Kompas.com

KOMPAS.com – China tengah mengembangkan mobil yang bisa dikontrol lewat pikiran. Hal tersebut dimungkinkan oleh tim peneliti dari Nankai University, Tianjin, China.

Dilansir KompasTekno, Kamis (10/12/2015) dari Reuters, peneliti menyematkan alat pendeteksi signal otak pada pengendara mobil.

Menurut salah satu peneliti Zhang Zhao, alat itu tersusun atas 16 sensor.
Masing-masing bakal menangkap signal-signal electroencephalogram (EEG) dari otak pengemudi.

Signal kemudian diterjemahkan untuk memerintah mobil lewat sistem kontrol. Sehingga tiap gerakan mobil -maju, mundur, belok, dan berhenti-, akan selalu mengikuti arahan otak.

“Intinya adalah memproses semua signal EEG yang dideteksi, semuanya dilakukan lewat komputer dengan memanfaatkan jaringan wireless,” kata Zhang.

Menurut para peneliti, ide pengontrolan mobil lewat pikiran ditujukan untuk memudahkan manusia dalam mengendarai mobil. Selain itu, ide ini juga ditujukan bagi para difabel.

“Kami menyediakan metode mengendarai tanpa tangan dan kaki sehingga bisa membantu para difabel yang tak bisa bebas bergerak,” ia menjelaskan.

Pun begitu, tim peneliti masih enggan mengungkap kapan teknologi tersebut bakal diluncurkan secara komersil. Untuk melihat proses lebih detil, berikut videonya.

[youtube https://www.youtube.com/watch?v=ekpKsKZofFM]

About The Author

Related posts

Click on a tab to select how you'd like to leave your comment

Leave a Reply