• Mempercepat browsing internet dengan Tunnel SSH

    Permasalahan koneksi internet di Negara ini tak akan pernah selesai. Hal ini dikarenakan sifat mendasar pada diri manusia itu sendiri yaitu “Tidak pernah puas”. Jadi.. apabila kita diberi koneksi sampai sekian Giga Byte / Second-pun hal ini tak akan pernah cukup. Inginnya.. semakin cepat dan semakin cepat dan semakin cepat lagi. Apalagi bagi Anda pengguna jasa internet seperti IM2, Matrix, XL, Telkomsel, dan lainnya yang sejenis. Boleh dibilang, untuk buka satu halaman website saja dapat memakan waktu lebih dari 3 menit.

    Baiklah, saya mempunyai satu trick untuk menyikapi hal ini, yaitu dengan Tunnel (penjelasan tunnel lebih lengkap oleh r4dy4 http://www.jasakom.com/showthread.ph...ghlight=tunnel) . Mungkin Anda bertanya-tanya, apa itu tunnel ?. Tunnel berarti terowongan dalam Bahasa Indonesia, jadi apabila Anda melakukan Tunneling berarti Anda membuka jalur / terowongan koneksi dari komputer Anda kemudian ke server tunnel dan diteruskan ke server target. Untuk membuka jalur ini Anda harus mempunyai server tunnel yang melayani koneksi SSH (Secure Shell). Berikutnya Anda harus mempunyai aplikasi SSH Client agar Anda dapat terhubung dengan server tunnel, beberapa SSH Client yang serting digunakan adalah PuTTY dan Bitvise Tunnelier.

    Dalam artikel ini, saya akan menggunakan PuTTY, karena ukuran aplikasi ini tidak begitu besar untuk didownload. Setelah semuanya sudah disiapkan ikuti langkah-langkah berikut :

    1. Buka aplikasi PuTTY
    2. Masukkan server tunnel Anda dan port (defaultnya adalah 22)
    3. Pada menu tree di sebelah kiri aplikasi PuTTY, pilih connection-SSH
    4. Centang checkbox “Don’t start a shell or command at all“
    5. Centang checkbox “Enable Compression“.
    6. Pada menu tree di sebelah kiri, pilih connection-SSH-Tunnels
    7. Masukkan nilai port yang Anda inginkan pada kotak masukkan “Source Port“, contohnya : 7212
    8. Pada input pilihan, centang “Dynamic”
    9. Klik tombol “Open”
    10. Apabila benar, putty akan menghubungkan Anda dengan server SSH dan Server akan meminta Autentifikasi pengguna. Masukkan user Anda dan Password. Jika user dan password benar, server akan diam tidak menampilkan pesan apapun lagi.

    Sampai disini Anda telah membuka terowongan dari komputer Anda ke server SSH. Berikutnya adalah bagaimana caranya agar koneksi internet Anda dapat melalui terowongan yang Anda buat ?, caranya adalah dengan mengkonfigurasi proxy dari aplikasi yang Anda gunakan. Contohnya, apabila Anda ingin browser firefox Anda melewati terowongan ini, klik menu Tools-Options. Firefox akan membuka sebuah jendela Options, kemudian pilih menu Advanced-Network, klik tombol Settings untuk menampilkan jendela konfigurasi jaringan. Pada pilihan “Configure Proxies to Access the Internet” pilihlah “Manual proxy configuration” dan uncentang kotak checkbox “Use this proxy server for all protocols”. Kosongkan semua kotak masukan Protocol dan masing-masing port nya. Isikan kotak masukan “SOCKS Host” dengan nilai 127.0.0.1 dan port nya adalah 7212. Klik OK untuk menutup jendela konfigurasi jaringan.


    Sekarang silahkan Anda uji koneksi internet Anda yang sekarang dengan membuka salah satu website, gimana ? seharusnya menjadi lebih cepat.


    Semoga bermanfaat,
    root [at] okea.biz
    http://www.einu.net
    Comments 14 Comments
    1. /pardede's Avatar
      /pardede -
      begh mesti d coba neh...izin nyoba ya oM
    1. akbar fuad's Avatar
      akbar fuad -
      Om cara dapetin aplikasi Putty nya dmn...???
      maklum om newbie...
      terima kasih sebleumnya...
    1. lucky_689's Avatar
      lucky_689 -
      klu dr LINUX gimana yah..? ma kasih sebelumnya
    1. lian's Avatar
      lian -
      kok gk ada reaksi apa2 ya waktu login shell dari putty waktu di masukkan user langsung enter, dimasukkan password shell gak ada reaksi kursor nya gk bergerak.Tapi kalau login shell tanpa seting apa˛ cukup dimasukkan user dan password langsung login ke shell, mohon pencerahan nya.
    1. tak's Avatar
      tak -
      maaf mas masih cupu,, itu server yang kita connect kan pake putty itu harus server yang connect dengan internet dan computer client yang tidak connect internet atau gimana ??atau apakah komputer server memiliki bandwidth yang lebih besar dari client atau gimana??
    1. angelorevil's Avatar
      angelorevil -
      Tolong kasih link download nx dunx , , newbe ni , ,
      thx b4
    1. V-Jrompas's Avatar
      V-Jrompas -
      Krn qta sm2 newbie ni gue kasi linknya:"www.google.com" atau lebih tepatx lagi
      http://www.chiark.greenend.org.uk/~s.../download.html (di link in sudah ad versi utk windows dan linux>>>)
    1. kurapika's Avatar
      kurapika -
      bukannya malah lebih lambat karena kita justru menggunakan tunneling yang hanya mempunyai maksimal donwnload 50 Kb/s juga kita harus menyewa server lagi,,,
    1. v4L's Avatar
      v4L -
      Salam Mas Bro semuanya,
      mungkin aja tutorial ini bisa membantu
      http://vishnuvalentino.com/computer/...t-sidejacking/

      #bro necrose
      CMIIW, browsing lebih cepat/ngga itu tergantung SSH servernya punya bandwidth berapa dan disimpan di-mana servernya?kalau SSH servernya ada di data center, mungkin aja bisa cepet, tapi kalau di sharing hosting ane rasa ga begitu deh(pengalaman pribadi) dan juga harus diingat bahwa ga semua tempat hosting mengijinkan packet forwarding...
    1. ayiee's Avatar
      ayiee -
      om , nama server tunnelnya sebarang apa nama server koneksi yang di pake?
    1. myoky's Avatar
      myoky -
      bagi akun ssh yg cepet donk
    1. akaarinda's Avatar
      akaarinda -
      masalahnya gw gak taw pass and user nya..
      gimana cara lihatnya yah om?
    1. racing25's Avatar
      racing25 -
      Kalo mo digabung ma squid gimana tuh om...?
    1. widodox_waridox's Avatar
      widodox_waridox -
      cobaaa gan