Dampak Note 7, Untung Samsung Jadi Buntung

Dampak Note 7, Untung Samsung Jadi BuntungFoto: Mindra Purnomo
Jakarta – Beberapa waktu sebelumnya, Samsung merilis laporan prediksi keuntungan yang mungkin akan diperolehnya untuk periode kuartal III 2016. Namun, kasus Galaxy Note 7 membuat prediksi sebelumnya dikoreksi.

Mengacu pada prediksi laporan keuangan yang sempat dirilis Samsung, perusahaan asal Korea Selatan ini yakin akan mampu mencetak keuntungan sebesar 7,8 triliun won atau sekitar Rp 91 triliun di kuartal III 2016.

Dikutip detikINET dari The Verge, Rabu (12/10/2016), angka tersebut diperoleh dari total pendapatan yang sebelumnya diperkirakan berada di angka 49 triliun won atau setara Rp 572 triliun.

Bila mengacu pada prediksi tersebut, Samsung mencetak kenaikan hingga 4 miliar won atau senilai Rp 46 miliar dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya.

Sayangnya, prediksi tersebut tinggal harapan. Samsung baru saja merevisi prediksi yang sempat diumumkannya tersebut. Perusahaan ini sekarang lebih realistis, terutama terkait keputusannya menghentikan penjualan dan produksi Galaxy Note 7.

Dalam prediksi barunya, Samsung memangkas keuntungan yang mungkin bisa diperoleh sebelumnya. Angkanya menciut jadi 5,2 triliun won atau sekitar Rp 60 triliun, yang berarti penurunan sebesar 33%. Hal serupa terjadi pula pada total pendapatannya. Samsung mengoreksi angkanya menjadi 47 triliun won atau setara Rp 543 triliun.

Suka atau tidak suka, Samsung malah mengalami penurunan pendapatan dari tahun sebelumnya. Sebagai informasi, di kuartal III 2015 Samsung berhasil mencetak keuntungan hingga 7,39 triliun won. Kini, perusahaan asal Negeri Ginseng ini harus menelan pil pahit kehilangan keuntungan sekitar 30%.
(yud/rns)

About The Author

Profile photo of Detik

Detik.com adalah portal berita online terbesar di indonesia yang menyediakan beragam macam berita dari politik, IT sampai kesehatan.

Related posts

Click on a tab to select how you'd like to leave your comment

Leave a Reply

Skip to toolbar