Developer Halide: Kamera iPhone Xs Tidak Punya #BeautyGate

Beberapa hari lalu sempat ramai berita mengenai [#BeautyGate](https://www.makemac.com/video-hasil-kamera-depan-iphone-xs-max-menipu-efek-beautygate/). Istilah untuk kamera depan di iPhone Xs yang dikabarkan membuat efek lebih halus di foto wajah. Bisa dibilang mirip hasil wajah dengan makeup atau efek smoothing di beberapa kamera ponsel Android.

Namun ada catatan terbaru yang dibagikan oleh Sebastiaan de With, developer aplikasi Halide. Dia sudah menganalisa beragam hal seputar kamera dari iPhone Xs secara mendalam. Menurutnya, tidak ada efek #BeautyGate dari kamera iPhone Xs. Pengguna hanya melihat efek kontras yang berbeda dan mode noise reduction lebih kuat.

People feel the iPhone XS ‘smoothens’ things for two reasons:

  • Better and more aggressive noise reduction due to merged exposures, and
  • Merged exposures reducing sharpness by eliminating sharp light/dark contrasts where light hits parts of the skin


Sebastiaan de With juga menjelaskan bahwa penting untuk pengguna memahami bagaimana otak kita merasakan gambar yang tajam dan memahami bagaimana insiyur Apple membuat foto terlihat lebih tajam.

Masih dari catatan yang sama, developer Halide juga menjelaskan bahwa Apple tidak hanya membuat sensor kamera lebih besar di iPhone Xs. Namun semua bagiannya memang baru, terlebih di bagian fotografi komputasional. Yaitu proses di belakang layar yang bersumber pada CPU Apple A12, teknologi SIP dan banyak lainnya.

Apple sudah menjelaskan seputar kamera di iPhone Xs dalam Apple Event September 2018. Salah satu penjelasannya adalah kamera di iPhone Xs sudah mengambil gambar bahkan saat kamu belum menekan shutter. Lalu semua hasil gambar (sekitar 10 gambar), akan digabungkan dengan proses komputasional untuk mendapatkan hasil terbaik.

Masalah dengan Foto RAW

Karena semua teknologi baru tersebut, ada sebuah masalah yang ditemukan oleh pengembang Halide untuk mode kamera. Yaitu saat mengambil gambar RAW, hasilnya akan terlihat terlalu terang atau over exposure. Hal ini terjadi karena pengambilan gambar RAW secara otomatis menggunakan exposure times lebih pendek namun ISO lebih tinggi terutama di mode Smart HDR.

Hal ini tentu menjadikan pengembang aplikasi jepret foto RAW seperti Halide menjadi banyak bermasalah karena hasilnya yang kurang maksimal. Sebagai solusinya, Halide sedang mengerjakan teknologi Smart RAW untuk aplikasinya yang diklaim dapat menghasilkan foto lebih baik daripada Smart HDR. Silakan simak penjelasan lengkap dari Halide di laman sumber artikel ini ya.

Apakah ada Sahabat MakeMac yang sudah mencoba kamera iPhone Xs? Bagikan pendapat kamu mengenai teknologi baru tersebut ya!




Sumber : Makemac.com

About The Author

Related posts

Leave a Reply