Dibalik Cerita Asa Firda Tulis Status di FB yang 'Mencengangkan' Netizen

Dibalik Cerita Asa Firda Tulis Status di FB yang Mencengangkan NetizenFoto: Ardian Fanani/detikcom
Jakarta – Asa Firda Inayah (18), siswi siswa kelas XII IPA 3 SMAN 1 Gambiran, Banyuwangi, sudah lama gemar menulis. Juga sudah sering membuat status di Facebook-nya. Tapi postingan pada Kamis, 8 Desember 2016, membuat netizen tertarik. Untaian kalimat Asa dinilai tajam, kritis, mencerahkan, dan ringan.

… Kita juga tidak pernah kehabisan alasan untuk saling membenci. Apa-apa dijadikan ‘amunisi’. Sama-sama manusia, kalau beda negara rusuh. Sama-sama Indonesia, kalau beda agama rusuh. Sama agamanya, beda pandangan juga rusuh. Terus gimana nih maunya?…

Nukilan itu jelas menunjukkan posisi Asa. Tidak berpihak, hanya menempatkan diri dalam ‘keriuhan’ yang tak jelas arahnya.

Apa alasan Asa menulis status itu? Putri pertama pasangan Imam Wahyudi dan Sumartin ini mengaku tengah bicara dalam konteks keuntungan dan kerugian bermain media sosial. Jadi tulisan itu tak merujuk pada kelompok atau pihak tertentu.

Dulu dia berpikir medsos adalah pengisi waktu senggang dan berkomunikasi dengan teman dan kerabat. Namun saat ini, medsos berubah menjadi alat pemecah belah bangsa dan pemutus tali silaturahmi.

“Seperti negara di dalam negara. Sangat prihatin dengan medsos saat ini. Dulunya mainan sekarang malah menjadi senjata pemecah belah. Di tulisan saya itu saya ingin mengajak masyarakat atau pembaca meninjau lagi apa kegunaan medsos untuk kita,” ujar perempuan berjilbab ini kepada detikcom di SMAN 1 Gambiran, Selasa (13/12/2016).

Menurutnya, menyebarkan informasi baik atau buruk di medsos sangat efektif. Untuk itu, dirinya berharap pengguna medsos bisa lebih bijak dalam membaca tulisan dan informasi.

“Layaknya pisau bermata ganda. Baiknya banyak buruknya juga banyak. Makanya saya mengerti kenapa Turki, China dan Arab Saudi melarang media sosial seperti Facebook dan Twitter. Soalnya berbahaya. Akar radikalisme dan makar banyak disebar di medsos,” papar gadis kelahiran 1998 ini.

Asa mengaku tak menyangka status Facebook-nya bakal menarik perhatian netizen. Hingga hari ini, tulisan itu di-share sebanyak 28 ribu pengguna media sosial.
(jsn/rou)

About The Author

Profile photo of Detik

Detik.com adalah portal berita online terbesar di indonesia yang menyediakan beragam macam berita dari politik, IT sampai kesehatan.

Related posts

Click on a tab to select how you'd like to leave your comment

Leave a Reply

Skip to toolbar