Dijejali 1,4 Juta Catatan Medis, AI Kalahkan Dokter Yunior Dalam Diagnosa Penyakit

Apa jadinya kalau dokter digantikan oleh robot? Terutama untuk diagnosa penyakit? Mungkin saja, karena Artificial Intelegence (AI) bisa melakukannya.

Nextren.com – Buat kamu yang suka mengikuti perkembangan berita teknologi, tentu sudah tahu bahwa saat ini Artificial Intelegence (AI) sudah makin canggih.

Bahkan teknologi AI sudah merambah di segala bidang, termasuk menjadi presenter berita, pemain game profesional, dan yang terbaru adalah menjadi dokter.

Baru-baru ini, sebuah penelitian mengungkap bahwa seorang robot dokter AI bahkan dapat mengenali gejala-gejala penyakit anak-anak lebih akurat daripada banyak petugas medis manusia.

Di China, sebuah sistem kecerdasan buatan (AI) dimasukkan dengan informasi dari lebih dari 1,4 juta catatan medis.

Baca Juga : Pemerintah China Terapkan AI Canggih untuk Deteksi Korupsi, Tapi Dianggap Terlalu Kuat

Sistem AI ini lalu memakai data ini untuk mendiagnosis semua penyakit, mulai dari flu dan gastroenteritis, hingga meningitis bakteri.

Hebatnya, pada beberapa kasus diagnosa sistem AI itu memiliki akurasi lebih dari 90 persen.

Saat diuji, sistem AI ini berkinerja lebih baik daripada dokter junior, tetapi tidak dapat diandalkan seperti petugas medis yang lebih berpengalaman.

Para peneliti percaya, AI bisa membantu memilah pasien di rumah sakit sesuai dengan tingkat keparahannya, serta meningkatkan diagnosis pada kondisi yang kompleks dan langka.

Baca Juga : Peneliti Temukan Bahan Yang Bisa Memperkuat Diri, Makin Lama Dipakai Malah Makin Kuat


Video Pilihan

Penulis: Wahyu Subyanto

Sumber : Nextren.com

About The Author

Related posts

Leave a Reply