Diplomatnya Diusir AS, Rusia Membalas Pakai Meme

Jakarta – Rusia melakukan ‘serangan’ balasan terhadap Amerika Serikat atas pengusiran 35 orang diplomatnya, yaitu dalam bentuk meme di Twitter.

Meme tersebut adalah gambar anak bebek dengan tulisan ‘lame’ di tengahnya. Tak cuma gambar, dalam kicauan tersebut juga menyebutkan keputusan Presiden Obama mengusir 35 orang diplomat Rusia seperti mengulang masa Perang Dingin.

“Presiden Obama mengusir 35 orang diplomat Rusia dalam deja vu Perang Dingin. Sepertinya semua, termasuk warga AS, akan senang melihat akhir dari kekuasaannya yang malang,” begitu bunyi kicauan tersebut, seperti dilansir Mashable, Jumat (30/12/2016).

Kicauan tersebut diposting oleh akun Twitter terverifikasi milik kedutaan besar Rusia di Inggris, yang sampai berita ini dibuat sudah di-retweet oleh 11 ribu akun dan di-like oleh 12 ribu akun.

Langkah Presiden Obama mengusir ke-35 orang itu karena Rusia dianggap ikut campur dalam pemilihan presiden AS, dalam bentuk serangan cyber selama masa pilpres yang kemudian dimenangkan oleh Donald Trump tersebut.

Para warga negara (WN) Rusia itu memiliki waktu 72 jam untuk meninggalkan negeri Paman Sam. Ada juga 2 lembaga Rusia di New York dan Maryland untuk ditutup lantaran diduga digunakan orang-orang Rusia untuk ‘tujuan yang berkaitan dengan intelijen’.

Rusia sendiri dituduh oleh berbagai agensi AS seperti FBI, CIA dan lainnya sebagai dalang di balik berbagai serangan cyber terhadap AS. Seperti membocorkan berbagai informasi untuk membantu kemenangan Donald Trump pada pilpres AS lalu, tuduhan yang berulang kali ditepis oleh Rusia.

Obama sendiri sebelumnya sudah pernah menyebut kalau pihaknya akan bereaksi atas interferensi Rusia dalam pilpres AS ini. Sementara presiden AS terpilih Donald Trump menolak mengomentari hasil penilaian komunitas intelijen AS tersebut.

(asj/fyk)

About The Author

Profile photo of Detik

Detik.com adalah portal berita online terbesar di indonesia yang menyediakan beragam macam berita dari politik, IT sampai kesehatan.

Related posts

Click on a tab to select how you'd like to leave your comment

Leave a Reply

Skip to toolbar