Doa Menkominfo Untuk Kelancaran Peluncuran Satelit Telkom 3S

Jakarta – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara, mendoakan agar peluncuran satelit Telkom 3S berhasil dilakukan dan menembus orbit.

“Kita ini kekurangan pasok satelit Indonesia. Jadi, saya doakan berhasil dengan sukses, karena otomatis menggantikan satelit Telkom 2, di mana kapasitas ini (Telkom 3S) lebih bagus kan,” ujar Rudiantara di JW Marriott, Kawasan Mega Kuningan, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Seperti diketahui, Telkom 3S dijadwalkan akan diluncurkan dari Guiana Space Center, Kourou, Guyana, Amerika Selatan pada 14 Februari waktu setempat antara 06.39 dan 08.05 atau UTC 21:39 dan 23:05 PM. Sementara di Indonesia, peluncurannya diperkirakan pukul 04.39 WIB pada 15 Februari WIB.

Satelit Telkom 3S nantinya akan ditempatkan pada slot orbit 118 derajat bujur timur (BT) yang sebelumnya ditempati oleh satelit Telkom 2. Kemudian, satelit Telkom 2 yang masih aktif hingga 2022 akan dialihkan ke slot orbit 157 BT.

Menkominfo berharap dengan diluncurkannya Telkom 3S, bisa mengurangi ketergantungan terhadap sewa transponder ke pihak asing. Terlebih pemain satelit di Indonesia masih terhitungan dengan jari.

“Pemain satelit kita cuma Telkom ada tiga (satelit), Indosat tinggal satu (satelit), BRI satu (satelit) yang dipakai sendiri, terus siapa lagi? L Band, Kemhan satelitnya belum naik,” ungkapnya. (asj/asj)

About The Author

Profile photo of Detik

Detik.com adalah portal berita online terbesar di indonesia yang menyediakan beragam macam berita dari politik, IT sampai kesehatan.

Related posts

Click on a tab to select how you'd like to leave your comment

Leave a Reply

Skip to toolbar