Dolar Perkasa, Penjualan Komputer Global Anjlok

Dolar Perkasa, Penjualan Komputer Global AnjlokIlustrasi (reuters)
Jakarta – Nilai dolar yang sempat begitu perkasa dari berbagai mata uang termasuk rupiah, turut berimbas pada penjualan komputer. Biro riset Gartner menyebutkan kalau pengapalan komputer global turun 7,7% di kuartal III 2015.

Sedangkan International Data Corporation atau IDC menyebutkan kalau penurunannya lebih parah. Yakni mencapai 10,8% dibandingkan periode tahun sebelumnya.

Dikutip detikINET dari Reuters,Jumat (9/10/2015), disepakati kalau penurunan itu disebabkan terutama karena menguatnya nilai dolar. Sehingga harga komputer naik di berbagai negara dan menurunkan minat konsumen untuk membelinya.

Kedatangan sistem operasi Windows 10 juga belum memberikan pengaruh signifikan terhadap penjualan PC. Sebab banyak orang lebih memilih upgrade Windows 10 gratis di PC lama mereka. Namun begitu, IDC menyatakan penjualan PC nantinya akan membaik.

“Pasar PC terus goyang seperti perkiraan kami, tapi kami tetap optimistis terhadap pengapalan di masa depan,” kata Jay Chou, research manager IDC Worldwide PC Tracker.
9
(fyk/rns)

About The Author

Related posts

Click on a tab to select how you'd like to leave your comment

Leave a Reply