Dua Lensa Pro 'Cincin Biru' Olympus

Dua Lensa Pro Cincin Biru OlympusFoto: Enche Tjin/Info Fotografi
Jakarta – Di panggung Photokina 2016, Olympus memamerkan beberapa lensa zoom pro, di antaranya Olympus 25mm f/1.2 dan Olympus 12-100mm f/4 IS.

Lensa 25mm f/1.2 (ekuivalen dengan 50mm di full frame) merupakan lensa klasik dan populer. Lensa Olympus ini terlihat cukup besar tapi masih nyaman digenggam saat dipasangkan di kamera Olympus OMD EM EM1.

Seperti Olympus 17mm f/1.8, Olympus 25mm f/1.2 ini menggunakan desain clutch-focus, yang memungkinkan pengguna untuk mengganti mode autofokus ke manual fokus dengan menarik ring fokus ke arah kamera. Rentang jarak manual fokus akan terlihat sehingga memudahkan fotografer untuk memotret dengan manual fokus.

Juga dipamerkan lensa 12-100mm f/4 IS (ekuivalen dengan 24-200mm f/4), lensa zoom ini mungkin satu-satunya yang Anda perlukan untuk travel karena mencakupi focal length yang luas.

Ukuran lensanya relatif besar dan panjang saat di-zoom, tapi masih tergolong ringkas jika dibandingkan dengan lensa zoom telefoto DSLR pada umumnya.

Kedua lensa yang memiliki cincin biru ini dirancang untuk profesional yang membutuhkan lensa dengan kualitas tinggi dan weathersealed. Kedua lensa dapat digunakan di kamera micro four thirds seperti Olympus dan Panasonic Lumix G.

Tapi yang lebih ideal saat dipasang di bodi kamera Olympus karena image stabilizationnya akan bekerja sama dengan stabilization di dalam body kamera.

Baca juga: Kumpulan Artikel ‘Photokina Surga Penikmat Fotografi’.

*) Penulis: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi.com, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer.

Mau konsultasi berbagai hal seputar fotografi? Kirim saja pertanyaan ke Klinik IT detikINET di link berikut.
(ash/ash)

About The Author

Related posts

Click on a tab to select how you'd like to leave your comment

Leave a Reply