Dua Varian Prosesor Exynos Disiapkan Demi Galaxy S8

Jakarta – Detail prosesor yang dipakai Galaxy S8 sedikit-sedikit mulai terungkap. Kali ini membahas prosesor Exynos besutan Samsung sendiri yang katanya sampai dibikin dua varian.

Selain Snapdragon 835, informasi yang telah beredar menyebut kalau Galaxy S8 juga akan dibekali oleh Exynos 8895. Menariknya ternyata Samsung tak akan hanya menyiapkan satu varian Exynos 8895, tapi sekaligus dua.

Sebuah sumber dari China menyebut prosesor yang dimaksud adalah Exynos 8895M dan 8895M. Dua-duanya disebut mengusung teknologi octa core, yang terdiri dari empat core dengan kecepatan clock hingga 2,5 GHz dan empat core lainnya berjalan di kecepatan 1,7 GHz.

Chip grafis terbaru katanya juga akan dibenamkan di kedua varian Exynos tersebut. Seperti dilansir Phone Arena, Kamis (29/12/2016), kabarnya Samsung akan membekali chip grafis Mali-G71. Nah, bagian inilah yang katanya akan menjadi pembeda Exynos 8895M dan 8895V.

Jadi akan ada dua spesifkasi Mali-G71 yang akan dibenamkan Samsung di Exynos. Satu memiliki 20 core, sedangkan yang lainnya 18 core. Katanya, Exynos 8895M akan diposisikan sebagai varian terkuat karena kebagian Mali-G71 yang punya 20 core. Sementara 8895V merasakan Mali-G71 yang 18 core.

Belum ketahuan alasan Samsung sampai bikin dua varian Exynos. Tapi sepertinya hal itu akan berpengaruh pada negara yang disambanginya nanti.

Terlepas dari itu, kedua Exynos hampir dipastikan akan mendukung media penyimpanan berbasis UFS 2.1 yang menjanjikan transfer data cepat, dukungan RAM jenis LPDDR4, dan modem LTE CAT 16.

Selain kedua varian Exynos yang telah disebutkan, Samsung katanya juga menyiapkan varian ketiga. Tapi bedanya sebatas dukungan CDMA yang dibebankan pada modem terbaru Shannon 359 yang akan tertanam di dalamnya.

(yud/fyk)

About The Author

Profile photo of Detik

Detik.com adalah portal berita online terbesar di indonesia yang menyediakan beragam macam berita dari politik, IT sampai kesehatan.

Related posts

Click on a tab to select how you'd like to leave your comment

Leave a Reply

Skip to toolbar