Duh, Pasar Ponsel BlackBerry Kini Nol Persen

Jakarta – BlackBerry di masa jayanya, sempat bertengger di posisi atas top pemain smartphone global, tak ketinggalan di Indonesia. Namun sayangnya, kini BlackBerry benar-benar sudah terpuruk.

Menurut informasi terbaru, pangsa pasar ponsel dengan OS BlackBerry di pasar smartphone global saat ini resmi menyentuh angka 0,0%. Jumlah persentase yang sangat rendah ini diambil berdasarkan data yang diambil dari lembaga penelitian Gartner.

Seperti dikutip detikINET dari Business Insider, Kamis (16/2/2017), menurut Gartner lebih dari 431 juta smartphone telah terjual sepanjang kuartal IV tahun 2016. Namun, dari ratusan juta ponsel yang terjual itu, hanya 207.900 merupakan perangkat BlackBerry dengan sistem operasi BlackBerry.

Tak heran jika pada akhirnya BalckBerry hanya mendapat pangsa pasar yang tak kurang dari 1%. Berbanding sangat kontras dengan smartphone bersistem operasi Android, di mana di periode yang sama diketahui ada 352,7 juta smartphone Android yang terjual dengan market share sebesar 81,7%.

Sementara itu, di posisi kedua ada perangkat dengan sistem operasi iOS yang berhasil terjual sekitar 77 juta unit, menjadikan pangsa pasarnya sebesar 17,9%.

BlackBerry memang tak hanya menjual smartphone dengan sistem operasi sendiri. Vendor asal Kanada ini juga menjual smartphone dengan sistem operasi Android, sebut saja DTEK60 dan Priv. Namun di riset ini, hanya ponsel dengan OS BlackBerry yang dihitung. (mag/fyk)

About The Author

Profile photo of Detik

Detik.com adalah portal berita online terbesar di indonesia yang menyediakan beragam macam berita dari politik, IT sampai kesehatan.

Related posts

Click on a tab to select how you'd like to leave your comment

Leave a Reply

Skip to toolbar