EFF Kritik Cara Kerja Control Center di iOS 11 untuk Tombol Wi-Fi dan Bluetooth

Wajah baru Control Center di iOS 11 memang menimbulkan banyak pembahasan menarik dari beberapa kalangan. Salah satunya adalah tombol Wi-Fi dan Bluetooth yang jika dimatikan, tidak sepenuhnya menutup fitur koneksi gelombang radio tersebut untuk digunakan alias hanya tidak terkoneksi saja. Hal ini bukan berupa bug system di iOS 11, Apple sudah memberikan penjelasan lebih lanjut dan sudah saya ulas pada artikel berikut ini.

Organisasi EFF (Electronic Frontier Foundation) memberikan kritik pada Apple mengenai penggunaan tombol Wi-Fi dan Bluetooth di Control Center iOS 11. Cara baru dari Apple yang tidak secara otomatis mematikan 2 jenis koneksi nirkabel lewat Control Center, bisa menimbulkan kebingungan, masalah seputar keamanan dan privasi pengguna.

When a phone is designed to behave in a way other than what the UI suggests, it results in both security and privacy problems. A user has no visual or textual clues to understand the device’s behavior, which can result in a loss of trust in operating system designers to faithfully communicate what’s going on. Since users rely on the operating system as the bedrock for most security and privacy decisions, no matter what app or connected device they may be using, this trust is fundamental.



EFF berpendapat bahwa koneksi Bluetooth dan Wi-Fi yang tidak sepenuhnya dimatikan bila tidak digunakan, bisa membahayakan pengguna. Yaitu dalam bentuk serangan atau kiriman data yang tidak kamu otorisasi dan menyebabkan keamanan serta privasi pengguna bermasalah. Namun sejauh ini dari pemantauan tim MakeMac, masalah yang dijelaskan belum pernah terjadi dan memang sangat kecil untuk mengalami kemungkinan tersebut.

Bagi kamu yang belum tahu, tombol Wi-Fi dan Bluetooth di Control Center iOS 11 punya hal sederhana yang harus dipahami. Saat kamu sudah selesai menggunakan Wi-Fi atau Bluettoh dan mematikan lewat Control Center, kedua koneksi ini tidak sepenuhnya mati, namun hanya berhenti terkoneksi saja. Pengguna harus masuk ke Settings – Wi-Fi atau Settings – Bluetooth untuk mematikan koneksi ini secara sepenuhnya.

Namun Apple juga menjelaskan bahwa 2 jenis koneksi nirkabel ini akan otomatis menyala kembali setiap pukul 5 pagi di waktu setempat. Tidak ada penjelasan lebih lanjut mengenai alasan tersebut, prediksi saya ini dilakukan untuk memudahkan pengguna Apple Watch atau Apple Pencil dengan iPad Pro agar selalu terhubung secara otomatis setiap pagi hari.


Gambar






About The Author

Related posts

Click on a tab to select how you'd like to leave your comment

Leave a Reply