Facebook Dorong UKM Bandung Tembus ASEAN

Facebook Dorong UKM Bandung Tembus ASEANFoto: Avitia Nurmatari/detikINET
Bandung – Facebook berkolaborasi dengan kota Bandung untuk mendorong UKM menembus pasar Asia Tenggara. Jejaring sosial ini juga menyediakan halaman khusus UKM bertajuk Little Bandung F4Bdg.

Kepala Pengembangan Economy Asia Pasifik Facebook Clair Deevy mengungkapkan, UKM di Bandung jumlahnya cukup banyak dan antusias. Sehingga diharapkan Facebook bisa menjadi instrumen untuk meningkatkan pangsa pasar UKM di Bandung.

“Ini kali ketiga Facebook ke Bandung karena jumlah UKM-nya banyak dan antusias, ada political will dari Wali Kotanya, dan kita harapkan bisnis Facebook ini menjadi instrumen untuk meningkatkan pangsa pasar UKM Bandung,” ujar Deevy usai meresmikan kerja sama antara Facebook dan Kota Bandung di UPT Sentra Industri dan Perdagangan, Cigondewah, Kota Bandung, Selasa (31/8/2016).

Deevy menyebut, pengguna Facebook di Indonesia ada 88 juta. Dengan diluncurkannya bisnis Facebook ini diharapkan bisa menarik minat Facebooker untuk berbelanja.

“Yang bacanya luar biasa, 88 juta ini bisa mengakses, kemudian tergoda dan membeli,” ucap Deevy.

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil menargetkan dalam waktu setahun ini minimal 150 ribu UKM Bandung teregister di bisnis Facebook supaya bisa mempenetrasi minimal pengguna di Indonesia sebanyak 88 juta.

“Jadi kami dibantu set up halaman bisnis Little Bandung sebagai protal, halaman bisnis dari pelaku UMKM sehingga jangan asal-asalan upload, marketingnya harus dengan foto yang berkualitas dengan cara moderen, sehingga tidak terkesan asal-asalan,” kata pria yang karib disapa Emil itu.

Bandung, kata Emil, dipilih oleh Facebook sebagai kota pertama di Asia Tenggara yang diajak kerjasama untuk menembus pasar ASEAN.

“Kita pertama se-ASEAN dan se-Indonesia yang digandeng untuk menembus pasar ASEAN. Syaratnya UKM harus lulus sertifikasi dari pelatihan UKM ini, memastikan bukan barang abal-abal, bukan barang yang melanggar etika seperti snack Bikini, tapi barang yang memang berkualitas dan kita pede barang yang tergabung di komunitas ini secara marketingnya sudah standar dan etika bisnisnya dijaga,” tutur Emil.


(avn/ash)

About The Author

Profile photo of Detik

Detik.com adalah portal berita online terbesar di indonesia yang menyediakan beragam macam berita dari politik, IT sampai kesehatan.

Related posts

Click on a tab to select how you'd like to leave your comment

Leave a Reply

Skip to toolbar