Facebook Lagi-lagi Curi Fitur Snap

Jakarta – Facebook mulai menampilan iklan dengan teknologi augmented reality (AR), memasuki wilayah yang sebelumnya dikuasai oleh Snap.

Dikutip detikINET dari CNBC Rabu, (11/7/2018) Facebook mengumumkan bahwa perusahaan itu akan mulai menampilkan ikaln-iklan AR pada News Feed media sosial itu. Pengguna dapat menggunakan kamera ponsel mereka untuk menikmati fitur baru ini.

AR adalah teknologi yang dapat menampilkan gambar-gambar digital diatas video atau foto nyata. Teknologi ini pertama kali dipopulerkan oleh permainan Pokemon Go tahun 2016 lalu.

Riset oleh The Boston Consulting Group menunjukkan bahwa 80 juta orang di Amerika Serikat menggunakan AR setiap bulannya. Diperkirakan pada tahun 2020 angka itu akan naik mencapai 120 Juta orang perbulannya.
Saat ini Snap dianggap sebagai pemimpin dalam dunia iklan AR, bahkan sampai banyak penyanyi Hollywood yang mempromosikan musik mereka melalui filter Snapchat. Apple juga mulai ikut serta dalam persaingan teknologi AR dengan cara mendorong para developer untuk membuat konten menggunakan teknologi ARKit milik Apple.

Salah satu iklan AR yang sudah beredar di Facebook adalah iklan kacamata hitam dari desainer ternama, Michael Kors. Dengan Iklan ini, pengguna dapat mencoba kacamata hitam Michael Kors secara virtual. Perusahaan makeup Sephora, NYX, dan Bobbi Brown juga akan mulai meluncurkan iklan AR di Facebook musim panas ini.

“Sekarang orang-orang mengarapkan pengalaman visual yang unik dan menginspirasi ketika mereka berbelanja – baik belanja online melalui ponsel, maupun langsung di toko. Karena itu lah video kedepannya akan menjadi bagian penting ketika pengguna sedang berbelanja melalui ponsel mereka.” Jelas Ty Ahmad-Taylor, wakil ketua marketing produk Facebook.

“Bahkan kami melihat bahwa lebih banyak orang yang menemukan produk-produk baru di internet melalui video yang mereka lihat di ponsel mereka. Kami dengan senang hati meluncurkan ftur yang dapat membantu para pedagang untuk menyenangkan kostumer mereka, dan pada akhirnya akan menaikan jumlah penjualan,” lanjutnya.

Sudah menjadi rahasia umum bahwa facebook kerap meniru fitur-fitur Snap, terutama di Instagram, platform media sosial yang dibeli Facebook tahun 2012 silam.

Instagram Stories, kembaran dari fitur Snapchat, sekarang telah memiliki pengguna yang dua kali lebih banyak daripada pengguna aplikasi keluaran Snap.

Facebook juga mengumumkan Video Creation Kit, yaitu perangkat pembuat vdeo yang dapat membantu penjual membuat iklan berbentuk video. Perusahaan itu juga mengumumkan fitur klik-untuk-membeli di Instagram bagi perusahaan apapun yang mengaktifkan fitur belanja pada platform itu. (jsn/asj)


About The Author

Related posts

Click on a tab to select how you'd like to leave your comment

Leave a Reply