Facebook Messenger Ikutan WhatsApp Pakai Enkripsi

Facebook Messenger Ikutan WhatsApp Pakai EnkripsiFoto: GettyImages
Jakarta – Setelah WhatsApp, fitur enkripsi mulai digunakan Facebook untuk layanan pesan instan lain besutannya. Facebook Messenger kini dipastikan ikut menyodorkan fitur pengacak data tersebut.

Fitur enkripsi di WhatsApp memungkinkan pengguna melindungi percakapannya dari pihak tak bertangungjawab. Dengan enkripsi, pembicaraan pengguna akan diacak sebelum sampai ke lawan bicara. Begitu pun sebaliknya, sehingga bakal sangat sulit bagi hacker untuk memata-matai.

Kini giliran Facebook Messenger yang kebagian fitur enkripsi. Facebook menamainya dengan sebutan Secret Conversation. Tapi fitur ini harus diaktifkan secara manual sebelum perbincangan dimulai. Selain itu pastikan lawan bicara juga telah menggunakan versi aplikasi Facebook Messenger yang telah mendukungnya.

Untuk mengaktifkannya cukup tekan tombol ‘secret’ yang ada di kanan atas jendela daftar percakapan. Atau bila pengguna sudah terlanjur melakukan percakapan, tinggal tekan tombol ‘i ‘ yang ada di atas layar kemudian pilih secret conversation.

Tapi harap diingat, ketika fitur ini digunakan pengguna tak akan bisa berkirim video atau gambar GIF. Jadi hanya sebatas kirim-kirim gambar biasa dan stiker yang bisa dilakukan.

Meski tujuannya baik, fitur enkripsi di layanan pesan instan nyatanya dipandang nyinyir di beberapa negara. Yang paling sering menentangnya adalah Brasil, negeri Samba ini sudah beberapa kali mempermasalahkan enkripsi di WhatsApp lantaran bisa mengganggu proses penyelidikan polisi.


(yud/fyk)

About The Author

Profile photo of Detik

Detik.com adalah portal berita online terbesar di indonesia yang menyediakan beragam macam berita dari politik, IT sampai kesehatan.

Related posts

Click on a tab to select how you'd like to leave your comment

Leave a Reply

Skip to toolbar