Foxconn Gandeng Sharp Rebut Pasar LCD Samsung

Jakarta – Foxconn ternyata tak sendirian membangun pabrik LCD senilai Rp 117 triliun. Pabrikan iPhone itu ternyata ikut menggandeng Sharp untuk merebut pasar bekas Samsung.

Pembangunan pabrik itu diperkirakan akan menelan dana 61 miliar yuan atau sekitar USD 8,8 miliar, dan pabrik itu diperkirakan bisa memproduksi produk senilai 92 miliar yuan tiap tahunnya.

Pabrik hasil joint venture antara Hon Hai Precision Industry atau dikenal sebagai Foxconn dan Sharp itu sendiri punya spesialisasi dalam memproduksi LCD berukuran besar dan bisa mulai berjalan pada 2019 mendatang.

Investasi besar-besaran ini diperlukan agar pabrik tersebut bisa memenuhi permintaan pasar televisi berukuran besar di Asia yang disebut terus meningkat, demikian dikutip detikINET dari Reuters, Senin (2/2/2017).

Pasokan LCD secara global cukup tersendat setelah Samsung menutup pabriknya, yang memasok sekitar 3% dari total pasar LCD. Pabrikan asal Korea Selatan itu disebut akan berfokus pada produksi panel OLED, yang lebih mahal namun bisa menghasilkan warna lebih indah.

Selain Sharp dan Foxconn, ada juga BOE Technology Group yang merupakan produsen panel LCD terbesar di China yang baru-baru ini memulai pembangunan pabrik anyarnya. Pabrik baru itu diperkirakan mulai bisa beroperasi pada 2018 mendatang.

Sebelumnya ada juga Shenzhen China Optoelectronics Tehcnology yang mulai membangun pabrik LCD senilai 50 juta yuan. Perusahaan yang merupakan bagian dari TCL itu memilih Shenzhen sebagai lokasi pabrik anyarnya itu. (asj/rou)

About The Author

Profile photo of Detik

Detik.com adalah portal berita online terbesar di indonesia yang menyediakan beragam macam berita dari politik, IT sampai kesehatan.

Related posts

Click on a tab to select how you'd like to leave your comment

Leave a Reply

Skip to toolbar