Fujitsu Ingin Jual Bisnis PC ke Lenovo

KOMPAS.com – Fujitsu berniat hengkang dari pasar PC mass-market. Pada Kamis pekan lalu, perusahan asal Jepang tersebut mengumumkan tengah berada dalam proses pembicaraan dengan Lenovo untuk melego unit bisnis PC miliknya.

“Kami sedang mempertimbangkan berbagai opsi untuk unit PC, termasuk kemungkinan meneken deal dengan Lenovo,” sebut Fujitsu dalam sebuah pernyataan yang dirangkum KompasTekno dari The Wall Street Journal, Kamis (6/10/2016).

Lenovo sejauh ini hanya memiliki pangsa kecil di pasar PC Global, hanya sebesar 1,1 persen menurut data kuartal kedua dari IDC. Sebaliknya, Lenovo menguasai market share 21,1 persen.

Sebelumnya, Lenovo sudah pernah membeli unit bisnis PC dari NEC yang juga berasal dari Jepang pada 2011 lalu. Tahun 2005, Lenovo mencaplok bisnis PC ThinkPad dari IBM.

Sementara itu, pasar PC global semakin menciut, seiring dengan makin banyaknya konsumen yang bergeser ke smartphone dan tablet untuk kebutuhan komunikasi dan akses internet.

IDC memprediksi volume pasar PC tahun ini akan kembali turun menjad 256 juta unit. Angka tersebut sekitar 30 persen lebih rendah dibandingkan lima tahun lalu.

Fujitsu pada awal tahun ini sempat berupaya melepas bisnis PC miliknya melalui merger tiga pihak dengan Toshiba dan Vaio (Sony). Namun rencana tersebut gagal terwujud karena ketiganya tidak ada yang siap untuk memimpin upaya bersama itu.

About The Author

Profile photo of kompas

Kompas.com adalah portal berita yang memiliki media online maupun offline tertua dan ternama di indonesia. Media offline kompas adalah yang terbesar di Indonesia.

Related posts

Click on a tab to select how you'd like to leave your comment

Leave a Reply

Skip to toolbar