Game Fallout 4 Jadi 'Kambing Hitam' Berita Serangan Cyber

Jakarta – Grafis game telah mengalami peningkatan yang signifikan. Saking mendekati nyata, cuplikan dalam game pun mulai dijadikan representasi sejumlah pemberitaan di berbagai media.

Salah satunya adalah pemberitan soal serangan cyber yang dilakukan oleh Rusia atas Amerika Serikat (AS). Rusia yang diduga membantu pemenangan Donald Trump dalam pilpres AS menjadi bahan perbincangan serius di dunia internasional. Berbagai media pun berlomba untuk memberitakan kejadian tersebut.

Game Fallout 4 Jadi 'Kambing Hitam' Berita Serangan CyberFoto: internet

Tetapi ada yang unik dengan cara pemberitaan serangan cyber Rusia itu, yakni dengan menggunakan potongan gambar yang sejatinya diambil dari game Fallout 4. Hal ini pertama kali disadari oleh pengguna Reddit dengan nama akun Poofylicious, di mana ia mendapati sebuah pemberitaan menggunakan gambar layar komputer dengan tulisan random yang menurutnya berasal dari Fallout 4, demikian dikutip detikINET dari Gamespot, Rabu (4/1/2017).

Pun demikian, penggunaan potongan gambar dari game di pemberitaan ternyata bukan hal yang baru. Dalam cerita prajurit anak-anak yang ditulis oleh Russia Today (RT), kisahnya malah menggunakan gambar dari game Metal Gear Solid V: The Phantom Pain. Di mana digambarkan anak-anak Afrika memegang senjata laras panjang.

Game Fallout 4 Jadi 'Kambing Hitam' Berita Serangan CyberFoto: internet

Selain Russia Today, adapula media dari Iran yang menggunakan footage dari Medal of Honor dalam pemberitaan serangan ISIS. Dan tak ketinggalan menggelitik ketika jaringan televisi asal Denmark menggunakan ilustrasi dari game Assassin’s Creed sebagai latar dalam memberitakan suasana di Suriah.

Kembali ke Fallout 4, Bethesda Softworks selaku publisher dari Fallout 4 tidak marah mengetahui mengetahui gambar gamenya dipakai dalam pemberitaan. Mereka malah menikmatinya dengan memposting gambar yang dimaksud di akun Twitter resmi miliknya.

Game Fallout 4 Jadi 'Kambing Hitam' Berita Serangan CyberFoto: internet

(mag/yud)

About The Author

Profile photo of Detik

Detik.com adalah portal berita online terbesar di indonesia yang menyediakan beragam macam berita dari politik, IT sampai kesehatan.

Related posts

Click on a tab to select how you'd like to leave your comment

Leave a Reply

Skip to toolbar