Gara-gara Ejekan Homo, Gamer Didenda Rp 26 Juta

Jakarta – Liga perdana game Overwatch diwarnai berbagai peristiwa menarik dan juga kontroversial. Kali ini seorang pemain dari tim Dallas Fuel kena cekal lantaran menunjukkan sikap homofobia pada pemain lain.

Pemain yang dimaksud adalah Felix Lengyel atau dikenal dengan nama lain xQc. Menurut laporan ia didenda USD 2.000 (Rp 26 juta) dan tak boleh bermain selama empat pertandingan oleh liga.

Tak cuma itu, Dallas Fuel pun menangguhkan Lengyel selama sisa stage pertama, dimana artinya sampai tanggal 10 Februari 2018. Liga Overwatch sendiri diadakan empat sampai lima minggu stage dengan total 40 pertandingan selama semusim.

Sementara itu, apa yang dilakukan oleh Lengyel sampai ia bisa terkena penalti sebenarnya cukup sepele. Ia mengolok pemain lawan dengan ejekan homofobia dalam pertandingan di hari Kamis antara Dallas Fuel dengan Houston Outlaws, dimana timnya harus kalah 0-4.

Sekadar informasi, Homofobia sendiri pada dasarnya adalah ketakutan atau kebencian pada homoseks dan homoseksualitas. Kebencian ini biasanya diiringi oleh sikap menghindar, ketidaksetujuan, diskriminasi, penghinaan atau mencela kaum homoseks.

Nah, Lengyel melayangkan hinaan pada pemain yang memang terbuka menyatakan ia adalah seorang gay, yakni Austin ‘Muma’ Wilmot. Kala itu, Winston memparodikan Lengyel bersamaan dengan kemenangan Houston Outlaws.

Lengyel yang pada saat itu tidak bermain dan sedang siaran langsung (livestream), merasa jengah dan terpancing emosi. Ia pun langsung melontarkan kata-kata ‘Tutup mulutmu. Kembali ke belakang sana,’, diikuti serentetan kata tak senonoh.

Langsung saja, pihak penyelenggara yaitu adalah Blizzard menanggapi kasus ini dengan serius. (fyk/rou)

About The Author

Related posts

Click on a tab to select how you'd like to leave your comment

Leave a Reply