Google Akan Biarkan Pengiklan Menggunakan Alamat E-mail Anda | Tempo Teknologi

Selasa, 29 September 2015 | 09:59 WIB


Google Akan Biarkan Pengiklan Menggunakan Alamat E-mail Anda  

google.co.id

TEMPO.CO, Jakarta – Google akan segera membiarkan pengiklan memanfaatkan salah satu cara yang paling menguntungkan dari penargetan iklan, yaitu alamat e-mail. Raksasa pencarian ini meluncurkan alat baru yang disebut Customer Match, yang memungkinkan pengiklan menggunakan daftar alamat e-mail untuk menargetkan pengguna tertentu di layanan Google.

Untuk ditargetkan melalui teknik ini, Anda hanya perlu login ke akun Google Anda dan telah memberikan alamat e-mail Anda untuk pengecer, mungkin dengan membeli sesuatu dari situs web mereka atau dengan mendaftar untuk program loyalitas.

Google mengatakan alamat e-mail individu diberikan anonim melalui Customer Match. Itu berarti perusahaan tidak akan dapat membuat profil pribadi dari individu, tetapi mereka akan menyusun daftar dengan kebiasaan pelanggan secara umum, seperti melihat YouTube dan sejarah pencarian Google untuk menargetkan iklan.

Misalnya, Google akan membiarkan pengecer tempat Anda berbelanja mengunggah alamat e-mail Anda ke Customer Match, sehingga dapat mengirim iklan saat Anda sedang menonton YouTube, melakukan pencarian Google untuk produk-produk terkait, atau memeriksa kotak masuk Gmail ketika Anda masuk ke dalam akun e-mail.

Produk iklan itu juga memungkinkan perusahaan membuat profil khalayak umum berdasarkan kebiasaan dan minat pelanggan yang ada untuk menargetkan pelanggan baru ketika mereka menggunakan layanan Google.

Google mencapai puncak raksasa teknologi dengan mengumpulkan saham terbesar dari pasar iklan web. Kini perusahaan itu sedang mencari bentuk-bentuk baru dari pendapatan iklan saat konsumen lebih tertarik ke perangkat mobile, di mana potensi mendapat uang melalui iklan mulai berkurang.

Posisi Google menjadi kompleks karena langkah strategis dari Apple dan Facebook untuk mengurangi kekuatan web itu. Apple melakukan hal ini dengan memungkinkan perangkat lunak pemblokiran iklan baru pada iOS 9, yang hanya dapat diakses dari ponsel menggunakan web browser-nya, Safari, sebagai lawan dari Google Chrome.

Facebook, di sisi lain, telah menciptakan layanan iklan web dan mobile dari dalam jaringan sosialnya, selain memperluas berbagai informasi web, dari artikel berita hingga video, yang dapat diakses pengguna langsung dari News Feed mereka.

Dengan memanfaatkan alamat e-mail, sebagaimana dilakukan Facebook dan Twitter dengan produk mereka sendiri, Google dapat mengambil jalan yang lebih tinggi dari iklan yang lebih mahal dan ditargetkan lebih baik, dari dalam aplikasi Gmail dan YouTube pada perangkat mobile.

Google menyebut Customer Match sebuah produk “privasi-aman”, tetapi hal ini mungkin tidak memadamkan kekhawatiran dari pengguna yang merasa bahwa pengiklan mendapatkan sesuatu yang lebih spesifik dengan menargetkan iklan mereka.

ERWIN Z | THE VERGE

About The Author

Profile photo of Tempo

www.tempo.co adalah portal berita online dan offline yang terkenal dengan beritanya yang 'berani' dan menyediakan beragam macam berita dari politik, IT sampai kesehatan dengan investigasi yang terkenal 'tajam'.

Related posts

Click on a tab to select how you'd like to leave your comment

Leave a Reply

Skip to toolbar