Google dan Facebook Masih Rajai Aplikasi Smartphone

Jakarta – Facebook dan Google punya begitu banyak aplikasi dan layanan yang banyak digunakan orang, sehingga tak heran jika keduanya merajai daftar aplikasi populer di smartphone.

Setidaknya, ini yang terlihat di Amerika Serikat (AS). Firma riset Nielsen baru saja merilis laporan yang mengungkap aplikasi yang paling banyak digunakan sepanjang 2016 di antara pengguna smartphone di AS.

Seperti diketahui, AS adalah pasar utama Apple. Namun bahkan di sana, Android menguasai pasar smartphone. Menurut Nielsen, pangsa pasar OS smartphone didominasi Android dengan persentase 53%, baru kemudian disusul iOS Apple sebesar 45%.

Windows Phone masih memegang 2% pangsa pasar, sementara BlackBerry sekitar 1%. Angka ini adalah data Q3 2016, namun diyakini belum ada perubahan signifikan di Q4 2016.

Ngomong-ngomong tentang aplikasi smartphone, Facebook masih banyak digunakan pengguna media sosial di AS dengan lebih dari 146 juta unique user. Artinya, meski pamor Facebook dikatakan mulai menurun, masih cukup banyak para pengguna setia situs besutan Mark Zuckerberg ini.

Di urutan kedua adalah aplikasi chat besutan Facebook, Messenger yang punya hampir 140 juta unique user. Menyusul berturut-turut berikutnya adalah lima aplikasi Google yakni YouTube (114 juta pengguna), Maps (106 juta pengguna), Search (104 juta pengguna), Google Play (100 juta pengguna) dan Gmail (89 juta pengguna).

Instagram berada di urutan ke delapan dengan 75 juta unique user, diikuti Apple Music (68 juta pengguna) dan Amazon App (66 juta pengguna). (rns/rou)

About The Author

Profile photo of Detik

Detik.com adalah portal berita online terbesar di indonesia yang menyediakan beragam macam berita dari politik, IT sampai kesehatan.

Related posts

Click on a tab to select how you'd like to leave your comment

Leave a Reply

Skip to toolbar