Google Dilaporkan Membayar $9 M untuk Tetap Menjadi Search Engine Bawaan di iOS

Pengguna Safari di iOS, sadarkah kamu bahwa Search Engine yang digunakan secara default pada perangkat tersebut adalah Google? Tentunya Apple memilih Google bukan karena kebetulan, namum karena Search Engine ini masih menjadi yang paling besar di dunia. Tentu saja ditambah Google harus membayar sejumlah uang untuk tetap mendapatkan posisi tersebut.

Dilaporkan oleh Rod Hall dari Goldman Sachs, kabarnya Google membayar Apple hingga $9 miliar di tahun 2018 untuk tetap menjadi Search Engine bawaan di perangkat iOS. Angka ini jauh meningkat dari laporan sebelumnya di tahun 2017 yaitu ada di angka $3 miliar per tahun.



Dikutip dari Business Insider, angka ini adalah estimasi yang dihitung dengan sejumlah variabel. Apple dan Google tentu saja mengunci rapat angka yang diterima dan dibayarkan untuk menghadirkan Google sebagai mesin pencari bawaan di perangkat iOS.

Google could pay Apple $9 billion in 2018, and $12 billion in 2019, according to the Goldman estimate.

Namun angka ini bisa dibilang cukup masuk akal, apalagi seputar peningkatan biaya dari $3 miliar menjadi $9 miliar dalam setahun saja. Ya, ini karena Apple sudah menggunakan Google sebagai mesin pencari yang terhubung ke Siri di iOS dan macOS. Bahkan menurut Rod Hall, angka ini akan berubah menjadi $12 miliar atau bisa lebih jika Google masih terus ingin menjadi mesin pencari bawaan di iOS dan Siri untuk macOS serta iOS.




Sumber : Makemac.com

About The Author

Related posts

Leave a Reply