Google Duo Gantikan Hangouts Jadi Aplikasi Bawaan di Android

KOMPAS.com – Aplikasi video-call Google Duo bakal jadi aplikasi bawaan pada paket bundle Google Mobile Services (GMS) di ponsel Android. Posisinya menggantikan aplikasi chatting Google Hangouts.  

Hal ini disampaikan melalui sebuah e-mail yang diterima para rekanan GMS pada 5 Oktober 2016, sebagaimana dilaporkan AndroidPolice dan dihimpun KompasTekno, Senin (10/102016).

Pada e-mail tersebut, Google menetapkan tanggal 1 Desember 2016 untuk mulai menyematkan Duo sebagai pengganti Hangouts di GMS atau Google Apps.

“Hangouts akan jadi aplikasi opsional pada produk-produk Android,” begitu terterap pada e-mail.

Artinya, inisiasi teranyar Google di bidang komunikasi mobile melalui Duo tak berarti membunuh eksistensi Hangouts. Hanya saja, vendor ponsel Android bakal berhenti menyematkan Hangouts secara otomatis pada produk keluaran 2017.

Pengguna yang ingin menjajal Hangouts harus menginstalnya secara mandiri lewat toko aplikasi Google Play Store. Cukup aneh sebetulnya jika Duo yang merupakan layanan video-call menggantikan peran Hangouts yang tak lain adalah layanan pesan singkat.

Keduanya tentu tak Apple-to-Apple. Mengapa tak menggantikan Hangout dengan Allo yang lebih punya irisan sebagai layanan chatting? Hal ini tak diungkap Google.

Diketahui, Duo dan Allo sama-sama diperkenalkan Google pada Mei lalu di ajang I/O 2016. Keduanya muncul sebagai primadona dengan penawaran mekanisme komunikasi mobile yang berbeda.

Jika Duo diproyeksikan sebagai kompetitor Skype, maka Allo yang dilengkapi Google Assistant bakal jadi pesaing WhatsApp, Line, Facebook Messenger, dan Telegram.

About The Author

Profile photo of kompas

Kompas.com adalah portal berita yang memiliki media online maupun offline tertua dan ternama di indonesia. Media offline kompas adalah yang terbesar di Indonesia.

Related posts

Click on a tab to select how you'd like to leave your comment

Leave a Reply

Skip to toolbar