Google, Facebook, Twitter Bantu Akses Informasi Tragedi Nice

Google, Facebook, Twitter Bantu Akses Informasi Tragedi Nice Foto: Reuters
Jakarta – Teror truk yang menabrak puluhan orang di Nice, Prancis membuat jejaring sosial sibuk. Google, Facebook dan Twitter membantu memudahkan akses informasi mengenai tragedi ini.

Raksasa internet Google menggratiskan panggilan telepon (ke nomor telepon seluler) ke Prancis. Pengguna bisa melakukan panggilan telepon melalui Hangouts, Google Voice dan Project Fi tanpa biaya dari mana saja. Fungsi ini dimungkinkan karena kolaborasi dengan operator AT&T, Sprint dan Verizon.

“Anda bisa melakukan panggilan telepon dari smartphone dengan aplikasi Hangouts atau komputer di hangouts.google.com atau via Gmail,” kata Google seperti dikutip dari Digital Spy, Jumat (15/7/2016).

Google juga akan menyediakan informasi bagi mereka yang sedang berada di Nice dan sekitarnya melalui Google Now card, berupa update informasi dari otoritas Prancis.

Facebook, seperti biasanya, saat terjadi situasi kritis, akan langsung mengaktifkan Safety Check. Dengan fitur ini, pengguna Facebook di kawasan yang sedang dalam situasi darurat atau kritis memberitahukan teman atau keluarga bahwa mereka aman.

Twitter juga jadi alat komunikasi darurat untuk saling memberi kabar dan menyebar informasi terkait dengan insiden Nice. Pengguna Twitter memposting foto teman atau anggota keluarga mereka yang tidak bisa dihubungi di tengah serangan teror di Nice. Hashtag #Nice06 digunakan untuk memudahkan pencarian informasi orang-orang yang menjadi korban insiden ini.
(rns/fyk)

About The Author

Profile photo of Detik

Detik.com adalah portal berita online terbesar di indonesia yang menyediakan beragam macam berita dari politik, IT sampai kesehatan.

Related posts

Click on a tab to select how you'd like to leave your comment

Leave a Reply

Skip to toolbar