Google Gratiskan Koneksi Internet 1 Gbps

Google Gratiskan Koneksi Internet 1 Gbps Foto: BBC
Jakarta – Google melalui unit Google Fiber mengumumkan bahwa mereka akan menyediakan koneksi internet gratis pada warga. Tidak tanggung tanggung, kecepatannya dijanjikan bisa menembus 1 Gbps.

Koneksi gratis itu rencananya akan diberikan pada ratusan ribu rumah tangga di Amerika Serikat berpendapatan rendah. Tujuannya untuk memperkecil kesenjangan digital di Negeri Paman Sam itu.

Ya, meski AS adalah negara sangat maju, ternyata tetap ada penduduk miskin yang belum memanfaatkan potensi internet. Untuk tahap awal, saat ini ada sekitar seratus rumah di wilayah Kansas yang mendapat koneksi ngebut itu secara gratis.

“Kami menyediakan Google Fiber ke seratus rumah untuk mengakses internet up to 1.000 Mbps,” demikian pernyataan Google Fiber yang detikINET kutip dari Computerworld. Nantinya, akan semakin banyak rumah tangga di AS yang terjangkau inisiatif ini.

Sebelumnya koneksi gratis Google Fiber sudah diberikan di beberapa area, tapi kecepatannya dibatasi hanya sampai 5 Mbps. Jika berbayar, koneksi 1 Gbps Google Fiber dipatok sebesar USD 70 per bulan.

“Amerika Serikat memiliki koneksi broadband yang termasuk termahal di dunia dan tertinggal soal kecepatan internet. Dan untuk keluarga berpendapatan rendah, soal biaya ini bisa menjadi penghalang besar untuk online,” kata Dennis Kish, Vice President Google Fiber mengenai alasan inisiatif ini.


(fyk/yud)

About The Author

Profile photo of Detik

Detik.com adalah portal berita online terbesar di indonesia yang menyediakan beragam macam berita dari politik, IT sampai kesehatan.

Related posts

Click on a tab to select how you'd like to leave your comment

Leave a Reply

Skip to toolbar