Google, Microsoft, Twitter, dan Facebook Garap Proyek Bareng

Jakarta – Google, Microsoft, Twitter, dan Facebook sedang bekerja sama menggarap sesuatu bernama Data Transfer Project. Proyek kerja bareng apa itu?

Ide utama dari Data Transfer Project adalah sebuah sistem yang bisa mentransfer data secara langsung dari satu platform layanan ke platform lainnya. Proses ini tidak membutuhkan proses download, upload, convert, atau kehilangan data.

Sampai saat ini, kebanyakan pekerjaan dalam proyek tersebut sudah digarap oleh Microsoft dan Google, sementara Facebook dan platform lain sudah menyetujui protokol anyar itu menjadi sebuah standar, demikian dikutip detikINET dari Phone Arena, Senin (23/7/2018).

Bukan tanpa sebab jika Google dan Microsoft bekerja keras menggarap proyek ini. Pasalny karena kedua perusahaan itu memang banyak data yang ditransfer antara kedua perusahaan tersebut, seperti foto, email, pengingat, kontak dan lainnya.

Secara sederhana, Data Transfer Project akan membuat pengguna bisa memindahkan foto dari satu platform media sosial ke media sosial lain dengan mudah. Tak sekadar foto yang dipindahkan, melainkan juga metadata dalam foto tersebut.

Hal ini akan memudahkan pengguna agar tak perlu mengisi data-data dari foto tersebut berulang kali. Transfer data antara platform yang berbeda itu juga disebut akan sangat aman karena akan dienkripsi di kedua platform.

Salah satu penggunaan lain yang mungkin bisa diwujudkan adalah pemindahan playlist musik atau bisa juga daftar aplikasi antar platform. (rns/rou)


About The Author

Related posts

Click on a tab to select how you'd like to leave your comment

Leave a Reply