Harbolnas, e-Commerce Pede Trafik Gede

Harbolnas, e-Commerce Pede Trafik GedeFoto: dyson
Jakarta – Jelang Hari Belanja Nasional Online (Harbolnas) 12 Desember mendatang, e-commerce bersiap meramaikannya dan berlomba menarik perhatian konsumen, tak terkecuali JD.ID.
Head of Corporate Communications & Public Affairs JD.ID Teddy Arifianto mengaku tidak ada persiapan khusus. Namun yang jelas, pihaknya sudah mengantisipasi terjadinya lonjakan trafik kunjungan ke situsnya.
“Ini adalah Harbolnas kedua kita di Indonesia. Kalau tahun lalu gak terlalu besar lonjakannya karena kita baru masuk waktu itu. Orang belum banyak yang tahu JD.ID. Tapi kalau sekarang sudah lebih ramai, banyak orang tahu. Trafiknya diharapkan bisa naik sampai lebih dari 50%,” kata Teddy usai pengumuman kerjasama JD.ID dengan Kredit Plus di Hotel Rafless, Jakarta Selatan, Kamis (1/12/2016).
Optimisme ini bukan tanpa sebab. Tolok ukur yang digunakannya adalah dengan berkaca dari event pesta diskon 11 November lalu, di mana trafiknya melonjak drastis.
“Yang 11/11 kemarin saja kita trafik dan volume naik 70% dari transaksi di hari biasa. Jadi pasti di Harbolnas bisa naik drastis,” sebutnya.
Dikatakan Teddy, persiapan teknis JD.ID untuk menyambut Harbolnas di tahun ini sudah lebih matang dibandingkan tahun lalu. Antisipasi dilakukan JD.ID untuk kesiapan server guna menghadapi lonjakan trafik agar tidak down.
“Kami juga mempelajari behaviornya orang ketika Harbolnas belanja bisa berbarengan jamnya. Di jam-jam tertentu bisa sangat naik trafiknya. Selain itu kita juga antisipasi ketersediaan barang. Jangan sampai orang mau belanja, habis stoknya,” sebut Teddy.
Tak kalah penting menurut Teddy adalah kesiapan pengiriman barang agar tepat waktu. Hal ini akan membuat pelanggan puas kemudian merekomendasikan JD.ID ke orang lain.
“Kalau e-commerce lain mungkin ramai-ramai heboh kasih diskon gede. Kalau buat kita diskon itu jadi salah satu entry point orang untuk visit ke kita. Tantangan utamanya sih delivery agar barang cepat sampai. Kalau mereka puas, dia akan rekomendasikan ke orang. Pola konsumen kita begitu, dari rekomendasi,” terangnya.
Sejak masuk Indonesia tahun lalu, JD.ID saat ini punya lebih dari 3 juta pengguna. Ada 11 kategori yang ditawarkan di dalam layanannya, dengan 83 sub kategori pilihan mulai dari smartphone, komputer, laptop, peralatan rumah tangga, perlengkapan bayi, kecantikan dan lain-lain.
(rns/rou)

About The Author

Profile photo of Detik

Detik.com adalah portal berita online terbesar di indonesia yang menyediakan beragam macam berita dari politik, IT sampai kesehatan.

Related posts

Click on a tab to select how you'd like to leave your comment

Leave a Reply

Skip to toolbar