Hasil Benchmark iOS vs Android, Siapa Juaranya?

Hasil Benchmark iOS vs Android, Siapa Juaranya?
Jakarta – Selang beberapa hari setelah peluncuran iPhone 6S, Futuremark merilis laporan komparatif hasil benchmark selama dua tahun terakhir ini. Tak hanya Android, mereka pun memajang hasil uji perangkat iOS. Sejauh ini siapa yang jadi juaranya?Perusahaan yang berbasis di Finlandia menampilkan data dari periode September 2013 hingga Agustus 2015. Ada 3 juta hasil benchmark yang telah didapat. Mereka menuangkan semua hasil tersebut dalam bentuk grafis.

Pada September 2013, ponsel tercepat Apple saat itu adalah iPhone 5S. Sementara ponsel Android paling ngebut adalah Sony Xperia Z Ultra. Namun dari waktu itu hingga sekarang, ponsel Apple belum bisa menyalip hasil benchmark Android.

detikINET kutip dari Gizmochina, Jumat (18/5/2015), grafis menunjukkan antara iPhone dan Android terpaut 2000 poin atau sekitar 20%. Puncaknya Agustus 2015 hasil benchmark Android melaju semakin tinggi menjauhi iPhone berkat ponsel Samsung Galaxy S6 Edge Plus.

Di sektor tablet sendiri, performa iPad juga berada dibelakang Android. Sejak kehadiran Amazon Kindle Fire HDX 7, diikuti Sony Xperia Z2 Tablet dan terakhir Nvidia Shield Tablet, iPad susah menyusul hasil benchmark. Bahkan tablet Apple tidak mampu menyalip nilai benchmark ponsel Android.

Ke depannya, baik smartphone dan tablet Android, tampaknya bakal terus memuncaki hasil benchmark besutan Futuremark tersebut. Namun demikian, hasil benchmark bukanlah segala-galanya. Terpenting adalah kenyamanan saat pemakaian.


(rou/rou)

About The Author

Profile photo of Detik

Detik.com adalah portal berita online terbesar di indonesia yang menyediakan beragam macam berita dari politik, IT sampai kesehatan.

Related posts

Click on a tab to select how you'd like to leave your comment

Leave a Reply

Skip to toolbar