Heboh Notifikasi "Screenshot" di Instagram, Ini Penjelasannya

KOMPAS.com – Belakangan ini media sosial ramai dengan desas-desus yang mengatakan bahwa Instagram bakal mengirim notifikasi jika ada yang melakukan tindakan menangkap layar (screenshot) postingan foto pengguna. Benarkah demikian?

Instagram memang memberikan fitur baru dan salah satunya adalah soal notifikasi screenshot. Namun, notifikasi ini hanya berlaku untuk fitur tertentu saja, bukan pada keseluruhan foto yang diunggah pengguna.

Lebih jelasnya, informasi yang dilansir KompasTekno dari Blog resmi Instagram, Selasa (29/11/2016), mengatakan bahwa notifikasi screenshot hanya berlaku pada foto dan video yang dapat menghilang dalam jangka waktu tertentu.

Foto dan video yang dimaksud adalah foto yang diunggah di fitur Direct yang baru dirilis Instagram. Fitur Direct serupa dengan Stories, namun postingan foto atau Direct bisa menghilang begitu dilihat oleh penerima. Jadi pengirim tidak perlu menunggu sampai 24 jam agar foto dan video itu bisa menghilang.

Kemudian, sebagai pelengkap, Instagram menyematkan fitur lain berupa notifikasi khusus screenshot. Tujuannya untuk memberitahu ke si pengirim jika penerima pesan ternyata mengambil screenshot foto atau video kirimannya.

“Tidak seperti pesan lain yang menggunakan Direct, foto dan video ini otomatis akan menghilang setelah penerima melihatnya. Dan Anda (pengirim) akan tahu jika penerima itu memutar ulang pesan atau mengambil screenshot,” demikian tertulis pemberitahuan dalam blog resmi Instagram.

Fitur Direct bisa diakses dengan cara membuat foto atau video lebih dahulu, yakni dengan menggeser layar ke kanan atau menekan tombol kamera di pojok kiri atas halaman Home Instagram. Setelah foto atau video dibuat, akan ada tombol panah di pojok kanan bawah. Tekan tombol tersebut untuk mengirim foto atau video yang baru saja dibuat.

Instagram Tombol Direct di Instagram, terletak di pojok kanan bawah.

Dengan demikian, pengguna tidak perlu khawatir jika sedang stalking dan ingin mengambil screenshot pada foto di linimasa atau Stories milik siapa pun. Aturan main notifikasi tersebut jelas hanya berlaku untuk pesan Direct yang berupa foto atau video yang otomatis menghilang saja.

About The Author

Profile photo of kompas

Kompas.com adalah portal berita yang memiliki media online maupun offline tertua dan ternama di indonesia. Media offline kompas adalah yang terbesar di Indonesia.

Related posts

Click on a tab to select how you'd like to leave your comment

Leave a Reply

Skip to toolbar