Heboh Stiker LGBT Beredar di Line, Ini Kata Pejabat Kominfo | Tempo Teknologi

Kamis, 11 Februari 2016 | 11:14 WIB


Heboh Stiker LGBT Beredar di Line, Ini Kata Pejabat Kominfo

Stiker Gay di aplikasi chatting Line. Foto: Line

TEMPO.CO, Jakarta – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) angkat bicara terkait beredarnya stiker bergambar Lesbian, Gay, Biseksual, dan Transgender (LGBT) di aplikasi Line. “Saat ini sudah difilter oleh pihak Line,” kata Kepala Humas Kominfo, Ismail Cawidu melalui siaran pers, Rabu, 10 Februari 2016.

Ismail menjelaskan, saat ini Komindo dan Line telah menyaring stiker yang mengandung unsur LGBT. Karena itu, stiker bergambar pasangan sejenis yang sempat beredar kini tidak dapat lagi dibuka di wilayah Indonesia. Pihaknya juga mengaku mendapat penjelasan dari Head of Public Relations Line yang telah menemui Ismail.

Menurut Ismail, Line menghargai kreator dari manapun termasuk kreator Indonesia untuk membuat berbagai karya seni. “Namun Line juga sangat memahami norma, adat, dan agama yang berlaku di Indonesia,” kata Ismail. Karena itu, Kominfo mengingatkan Line agar memberitahu kepada kreator bahwa konten LGBT tidak dapat dibuka di Indonesia. 

Kominfo mengaku mengapresiasi Line Indonesia karena telah melakukan langkah tepat menyikapi hal-hal berpotensi menimbulkan keresahan masyarakat. Khususnya kekhawatiran ibu rumah tangga terhadap anak-anaknya. Masyarakat takut terhadap pengaruh negatif dari beredarnya stiker tersebut. Apalagi saat itu, stiker itu bisa diakses oleh siapapun.

Sebelumnya, Team Public Relation Line, Teddy Arifianto, memutuskan untuk menghapus stiker LGBT yang dianggap melanggar norma-norma masyarakat di Indonesia. Menurut dia, pihaknya menghargai setiap kreator namun harus melakukan penyaringan konten sebelum stiker beredar ke masyarakat.

Sebelumnya, di sosial media beredar kecaman pengguna Line dan masyarakat. Netizen memprotes berbagai stiker yang menggambarkan pasangan sesama jenis. Satu di antaranya, gambar dua orang laki-laki berciuman, berpelukan, mengeluh, hingga marah-marah. Gambar itu seolah-olah menunjukkan mereka pasangan sesama jenis.

AVIT HIDAYAT

About The Author

Related posts

Click on a tab to select how you'd like to leave your comment

Leave a Reply