Huawei Bantu Pemerintah China Sadap Jaringan Asing, Ini Tanggapannya

Belakangan ini tersebar kabar jika produsen smartphone asal China, Huawei, membantu pemerintah dalam menyadap jaringan asing.

Laporan Wartawan NexTren, Rezky Amaliah

NexTren.com – Belakangan ini tersebar kabar jika produsen smartphone asal China, Huawei, membantu pemerintah dalam menyadap jaringan asing.

Nampaknya kabar ini merupakan hal yang tidak benar, sebab pihak Huawei sendiri membantah bahwa dirinya telah membantu pemerintah.

Huawei dengan tegas membantah telah memberikan atau diminta untuk memberikan informasi pelanggan untuk pemerintah atau organisasi,” kata juru bicara Huawei eksklusif kepada ZDNet.



Hua Chunying, suruh Trump ganti iphone ke Huawei

Dilansir dari ZDNet, tuduhan ini dianggap pihak Huawei sangat tidak mendasar dan tanpa bukti apapun.

Namun dilansir dari The Australian,  staf Huawei digunakan oleh intelijen China untuk mendapatkan kode akses untuk menyusup ke jaringan asing, termasuk memberikan rincian kata sandi dan jaringan.

Baca Juga : iPhone Donald Trump Disadap, China Sarankan Pakai Huawei

Lagi-lagi hal tersebut dibantah oleh pihak Huawei dengan memberikan statement bahwa pihaknya tak mungkin menghianati kepercayaan para pelanggan.

Meski memiliki infrastrukur dan peralatan dengan catatan cybersecurity yang tidak tercela, pihak Huawei berjanji tidak akan melakukan hal tersebut.

Bahkan Huawei sendiri menantang debat publik kepada siapapun yang menyatakan bahwa dirinya telah membantu pemerintah China untuk menyadap jaringan asing.(*)

Penulis: Rezky Amaliah


Video Pilihan

Sumber : Nextren.com

About The Author

Related posts

Leave a Reply