Hyperloop, Transportasi Futuristik Kecepatan 1.207 Km/Jam

Hyperloop, Transportasi Futuristik Kecepatan 1.207 Km/JamFoto: Istimewa
Jakarta – Saat ini sedang dikembangkan sebuah sistem transportasi futuristik bernama hyperloop. Transportasi untuk perkotaan itu dikatakan sangat efisien karena kecepatannya secara teori bisa tembus sampai 1.207 kilometer per jam.

Pengembangan hyperloop dikerjakan oleh perusahaan yang berbasis di Los Angeles bernama Hyperloop One. Perusahaan tersebut digagas Elon Musk, taipan teknologi yang bisnis utamanya mobil listrik Tesla.

Jadi seperti apa bentuknya? Intinya, sebuah hyperloop akan membawa penumpang atau kargo melalui tabung bertekanan rendah. Transportasi ini sepenuhnya otonom dan didayai dengan tenaga listrik.

Elon Musk menilai teknologi hyperloop lebih murah, lebih cepat dan lebih esifien dibandingkan proyek transportasi masa depan lainnya. Banyak yang mendukungnya, terbukti Hypeloop One baru saja mendapat pendanaan USD 80 juta.

CEO Hyperloop One Rob Lloyd menjanjikan pihaknya akan mengujicoba sistem hyperloop sebelum akhir tahun ini. Ia menepis kritik kalau teknologinya sama sekali belum terbukti dan lebih mirip fiksi sains.

“Ini adalah hal yang nyata dan kami akan mendemonstrasikan bagaimana perusahaan ini akan membuatnya terjadi,” katanya yang detikINET kutip dari Reuters.

Saat ini, pihaknya sedang fokus untuk membangun hyperloop dengan biaya semurah mungkin. “Kami ingin menghantarkan semua hal yang bisa dilakukan hyperloop, yakni keamanan, efisensi dan kecepatan. Namun kami ingin melakukannya dengan ongkos yang transformatif,” kata Brogan Bambrogan, eksekutif Hyperloop One.

Hyperloop One menyatakan sistem hyperloop yang bisa beroperasi penuh mungkin akan hadir di tahun 2020. Bukan hanya Hyperloop One yang mengembangkan teknologi semacam ini, ada pesaing lain seperti Hyperloop Transportation Technologies.
(fyk/asj)

About The Author

Related posts

Click on a tab to select how you'd like to leave your comment

Leave a Reply