Intel Beli Saham Mantan Anak Usaha Nokia, untuk Apa?

KOMPAS.com – Intel resmi mengumumkan pembelian 15 persen saham aplikasi pemetaan Here. Harga pembelian tersebut dirahasiakan.

Here sendiri selama ini dikenal sebagai layanan peta digital yang sempat menjadi anak usaha Nokia.

Lantas, apa tujuan Intel membeli Here? Raksasa prosesor itu membeli saham Here sebagai upaya pembuatan peta digital khusus untuk kendaraan otonomos. Peta digital yang dikembangkan dikatakan bakal presisi dan juga high-definition.

CEO Here Ed Overbekk mengatakan bahwa peta tersebut bakal diaplikasikan secara real-time, dapat memperbaiki pemetaannya sendiri, dan merupakan sebuah representasi dunia nyata dalam resolusi high definition.

Sederhananya, bayangkan saja sebuah peta yang secara otomatis terus diperbarui dan memiliki computer vision untuk memindai berbagai halangan di jalan raya.

Baca: Prosesor Baru Intel Core i7 Dioprek, Tembus Kecepatan 7 GHz

Dilansir KompasTekno dari Engadget, Rabu (4/1/2017), dulu Here dianggap sebagai permata berharga terakhir milik Nokia. Hingga akhirnya, perusahaan asal Finlandia itu memutuskan untuk menjualnya.

Uber sempat digosipkan berniat membeli Here. Namun pada akhirnya gosip itu tak terwujud. Here justru dibeli oleh konsorsium yang mewakili industri otomotif Jerman, dengan nilai 3,07 miliar dollar AS atau sekitar Rp 41,3 triliun.

Melihat kepemilikan tersebut, dapat diperkirakan bahwa peta high-definition yang akan digarap oleh Intel dan Here diterapkan di kendaraan otonomus milik produsen mobil asal Jerman.

Baca: Pokemon Go Sudah Bisa Dimainkan di Android Ber-CPU Intel

About The Author

Profile photo of kompas

Kompas.com adalah portal berita yang memiliki media online maupun offline tertua dan ternama di indonesia. Media offline kompas adalah yang terbesar di Indonesia.

Related posts

Click on a tab to select how you'd like to leave your comment

Leave a Reply

Skip to toolbar