Intip iPhone Penjahat, Polisi London Jadi Copet

Intip iPhone Penjahat, Polisi London Jadi CopetFoto: Getty Images
Jakarta – Polisi London, Inggris punya cara unik mengetahui isi iPhone milik penjahat yang diincarnya. Dari pada harus repot-repot berpikir untuk meretasnya, polisi London lebih memilih melakukan pencopetan. Kok?

Jadi seperti dilansir Tech Viral, polisi London dikabarkan telah lama mengincar seorang penjahat bernama Gabriel Yew atas tuduhan pemalsuan kartu pembayaran. Namun kepolisian London tak ingin berhenti sampai di situ, pihaknya juga ingin mengetahui sindikat yang ada di balik Yew.

Penyelidikan yang dilakukan kepolisian London mengerucutkan petunjuk ke iPhone yang dimiliki Yew. Namun pihak berwenang sadar bukan perkara mudah membuka iPhone yang terkunci. Mereka berkaca pada kasus San Bernardino yang ditangani FBI.

Oleh karenanya dirancang cara yang terbilang nyeleneh untuk mendapat akses penuh terhadap iPhone Yew. Bukannya dengan cara meretas, kepolisian London lebih memilih untuk menjambretnya langsung dari tangan Yew. Dan tentu saja ketika melakukan itu iPhone sedang dalam kondisi digunakan alias kondisi ter-unlock.

Setelah berhasil mengambil paksa iPhone dari tangan Yew, polisi kemudian menonaktifkan fitur penguncian. Untuk selanjutnya diinvestigasi isinya, termasuk data-data yang ada di dalamnya juga diteliti. Tentu saja karena fitur penguncian telah diaktifkan, polisi hanya perlu melakukan ‘swipe to unlock‘ tiap kali iPhone terkunci layarnya.

Seperti detikINET kutip dari Tech Viral, Selasa (6/12/2016), dari iPhone milik Yew diketahui kalau pria ini telah melakukan penggunaan kartu palsu sebanyak ratusan kali. Selain itu juga terungkap 100 orang lainnya yang ada di balik aksi pemalsuannya.

Berkat metode unik yang dilakukan polisi London, Yew kini telah dijebloskan ke penjara atas tuduhan penipuan dan penyerangan bersenjata. Yew divonis selama 5,5 tahun untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya.
(yud/rou)

About The Author

Profile photo of Detik

Detik.com adalah portal berita online terbesar di indonesia yang menyediakan beragam macam berita dari politik, IT sampai kesehatan.

Related posts

Click on a tab to select how you'd like to leave your comment

Leave a Reply

Skip to toolbar